Buku Media Pembelajaran Komprehensif


Buku media pembelajaran komprehensif dapat dibaca secara Daring dengan mengklik tombol "Baca Google Book", dan Anda juga dapat membacanya secara offline dengan mengklik tombol "Download Android" atau "Download PDF", dan jika Anda ingin mencetaknya, Anda bisa klik tulisan "Unduh versi cetak" ini.

Cara mengutip buku ini:
MLA & Chicago: Batubara, Hamdan Husein, Mohamad Syarif Sumantri, and Arita Marini. "Media Pembelajaran Komprehensif". Semarang: Graha Edu, 2023.
APA :  Batubara, H. H., Sumantri, M. S., & Marini, A. (2023). Media Pembelajaran Komprehensif. Semarang. Graha Edu.
ISBN Buku: 978-623-98984-3-4

Buku media pembelajaran komprehensif merupakan buku yang dirancang khusus untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Indonesia. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan oleh mahasiswa/i program studi lain dan guru-guru di Indonesia.
Buku ini menawarkan inovasi baru dalam pemanfaatan teknologi kode QR untuk mendukung materi buku dengan video tutorial, kuis interaktif, dan bahan-bahan pendukung praktik pembuatan media pembelajaran. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan petunjuk pembelajaran dan lembar kegiatan yang mendorong mahasiswa untuk membaca literatur terbaru, bekerjasama dan saling belajar dalam mengerjakan tugas proyek dan memecahkan masalah perkuliahan.

Pokok bahasan buku ini terdiri dari sembilan bagian, yaitu: hakikat media pembelajaran; penggunaan media sederhana tiga dimensi (seperti media realia dan model); penggunaan media sederhana dua dimensi (seperti gambar 2D, papan tulis, papan buletin, buku teks, modul, Handout, dan LKPD); teknik membuat media infografis;  media komik; video pembelajaran; media pembelajaran interaktif dan augmented reality; penggunaan web dan internet; dan penggunaan web  e-learning. Daftar isinya adalah sebagai berikut.

KATA PENGANTAR iii
PETUNJUK, RPS & KUIS AWAL v
DAFTAR ISI xxii
BAB 1  HAKIKAT MEDIA PEMBELAJARAN 1
A. Pendahuluan 1
B. Petunjuk 2
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 2
D. Deskripsi Materi 3
1. Pengertian Media Pembelajaran 3
2. Klasifikasi Media Pembelajaran 4
3. Pemilihan Media Pembelajaran 8
4. Pengembangan Media Pembelajaran 14
5. Penyusunan Rencana Penggunaan Media Pembelajaran  27
E. Rangkuman 31
F. Lembar Kerja Mahasiswa 33
G. Kuis 35

BAB 2  MEDIA SEDERHANA TIGA DIMENSI 36
A. Pendahuluan 36
B. Petunjuk 37
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 37
D. Deskripsi Materi 38
1. Pengertian dan Manfaat Media Sederhana Tiga Dimensi  38
2. Instrumen Penilaian Media Sederhana 40
3. Pemanfaatan Media Realia (Benda Asli) 42
4. Pemanfaatan Media Model (Benda Tiruan) 46
E. Rangkuman 63
F. Lembar Kerja Mahasiswa 64
G. Kuis 65

BAB 3  MEDIA SEDERHANA DUA DIMENSI 66
A. Pendahuluan 66
B. Petunjuk 67
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 67
D. Deskripsi Materi 68
1. Pengertian dan Manfaat Media Sederhana Dua Dimensi 68
2. Jenis-jenis Gambar 2 Dimensi 70
3. Papan Tulis dan Papan Buletin 77
4. Bahan Cetak 81
E. Rangkuman 90
F. Lembar Kerja Mahasiswa 91
G. Kuis 92

BAB 4  MEDIA INFOGRAFIS 93
A. Pendahuluan 93
B. Petunjuk 94
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 94
D. Deskripsi Materi 95
1. Pengertian dan Manfaat Infografis 95
2. Standar Elemen Media Infografis 97
3. Instrumen Penilaian Media Infografis 99
4. Teknik Membuat Infografis 101
E. Rangkuman 105
F. Lembar Kerja Mahasiswa 106
G. Kuis 107

BAB 5  MEDIA KOMIK 108
A. Pendahuluan 108
B. Petunjuk 109
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 109
D. Deskripsi Materi 110
1. Pengertian dan Manfaat Media Komik 110
2. Elemen-elemen Media Komik 112
3. Instrumen Penilaian Media Komik 115
4. Teknik Membuat Media Komik 118
E. Rangkuman 129
F. Lembar Kerja Mahasiswa 130
G. Kuis 131

BAB 6  VIDEO PEMBELAJARAN 132
A. Pendahuluan 132
B. Petunjuk 133
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 133
D. Deskripsi Materi 134
1. Pengertian dan Manfaat Video Pembelajaran 134
2. Instrumen Penilaian Video Pembelajaran 136
3. Persiapan Pembuatan Video Pembelajaran 139
4. Perekaman Video Pembelajaran 148
5. Penyuntingan Video Pembelajaran 150
E. Rangkuman 161
F. Lembar Kerja Mahasiswa 162
G. Kuis 163

BAB 7  MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF & AUGMENTED REALITY 165
A. Pendahuluan 165
B. Petunjuk 166
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 166
D. Deskripsi Materi 167
1. Pengertian Media Pembelajaran Interaktif 167
2. Instrumen Penilaian Media Pembelajaran Interaktif 169
3. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif 171
4. Penggunaan Augmented Reality 232
E. Rangkuman 242
F. Lembar Kerja Mahasiswa 243
G. Kuis 244

BAB 8  WEB DAN INTERNET 245
A. Pendahuluan 245
B. Petunjuk 246
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 246
D. Deskripsi Materi 247
1. Pengertian dan Manfaat Web dan Internet 247
2. Teknik Mencari Informasi di Situs Web 249
3. Teknik Berbagi Media Digital dengan Aplikasi Web 254
4. Teknik Menggunakan Kuis Daring 258
5. Teknik Menggunakan Web Blog 261
E. Rangkuman 274
F. Lembar Kerja Mahasiswa 275
G. Kuis 276

BAB 9  WEB E-LEARNING 277
A. Pendahuluan 277
B. Petunjuk 278
C. Sub-Capaian Pembelajaran & Indikator 278
D. Deskripsi Materi 279
1. Pengertian dan Manfaat Media Web E-Learning 279
2. Instrumen Penilaian Media Web 282
3. Teknik Menggunakan Google Classroom 286
4. Teknik Menggunakan Moodle 302
E. Rangkuman 322
F. Lembar Kerja Mahasiswa 323
G. Kuis 324
DAFTAR PUSTAKA 325
GLOSARIUM 335
BIODATA PENULIS 339
Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam proses penulisan buku ini. Kritik, saran dan pertaanyaan bisa disampaikan kepada penulis melalui alamat email: huseinbatubara@gmail.com.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama