Cara Mengatur Format Teks dalam Ms. Word

Bentuk atau format teks dalam naskah Microsoft Word dapat ditentukan penulsi sesuai keperluannya. Misalnya: jenis huruf, ukurannya, warnanya, ketebalannya, kemiringannya, penambahan garis bawah, nomor urut, spasi atau jarak antar baris dan antar paragraf, dan lain sebagainya. Adapun cara mengatur format teks dalam aplikasi Microsoft Word adalah sebagai berikut:
1) Blok (pilih) teks yang akan diatur formatnya
2) Klik tab “Home”, maka akan tampil kelompok menu yang memuat pengaturan format teks sebagai berikut.
image
Gambar 3.26 Format Teks dan paragraf
3) Gunakan beberapa menu yang tersedia untuk mengatur format teks. Adapun fungsi masing-masing menu tersebut adalah sebagai berikut:
  • Klik simbol panah hitam (image) yang sejajar dengan nama dan ukuran font untuk mengubah jenis dan ukuran font
  • Klik simbol mengklik simbol (image) untuk mengubah warna font
  • Klik silmbol (image) untuk menambahkan efek stabilo atau untuk menghilangkan efek stabilo tersebut
  • Klik simbol B untuk menebalkan teks, simbol I untukmemiringkan teks, dan simbol U untuk menggaris bawahi teks
  • Klik simbol Alignment (image) untuk mensejajarkan teks dalam sebuah paragraf (rata kiri, rata kanan, rata tengah, dan rata kiri-kanan). Perintah ini juga bisa digantikan dengan cara: klik tombol Ctrl+L untuk membuat rata kiri, Ctrl+E untuk membuat rata tengah, Ctrl+R untuk membuat rata kanan, dan Ctrl+J untuk membuat rata kiri-kanan.
  • Klik menu ‘spasi’, dan pilih salah satu ukuran spasi untuk mengatur jarak antar baris teks. Perhatikan gambar berikut.
image
Gambar 3.32 Mengatur spasi atau jarak antar baris teks
    Keterangan: spasi 1 berarti jarak antar baris cukup rapat, spasi 1,5 berarti jarak antar baris sedang, dan spasi 2 berarti jarak antar baris cukup longgar. Selain menggunakan menu spasi, pengaturan spasi juga bisa dilakukan dengan mengklik kombinasi tombol CTRL+1 untuk menjadikan teks menjadi spasi 1, CTRL+2 untuk menjadikan teks menjadi spasi 2, CTRL+5 untuk menjadikan teks menjadi spasi 1,5.
    Selain Spasi antar baris, format teks dalam  dokumen Ms. Word juga mengandung spasi atau jarak antar paragraf. Adapun cara mengatur jarak atau spasi antara paragraf adalah sebagai berikut.
  • Blok (pilih) beberapa paragraf yang akan diatur spasinya
  • Klik ikon panah paragraph, sebagaimanayangditunjuk pada gambar berikut.
image
Gambar 3.33 Panah Dialog Paragraf
    Maka akan tampil jendela paragraf sebagai berikut.
    image
    Gambar 3.34 Jendela Paragraf
  • Pada jendela menu paragraf di atas, kolom menu “Before” digunakan untuk menentukan nilai jarak antar paragraf yang diblok dengan paragraf sebelumnya, sedangkan kolom menu “After” digunakan untuk menentukan nilai jarak antar paragraf yang diblok dengan paragraf setelahnya.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama