Cara Memasang (menginstall) dan Menghapus (uninstall) Aplikasi Komputer

    Pada kesempatan ini, penulis akan berbagi ilmu tentang cara memasang atau menginstall aplikasi baru pada komputer dan cara menghapus aplikasi yang telah terpasang di dalam komputer. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

a. Memasang (meng-install) Aplikasi Komputer
     Sebelum memasang aplikasi pada sebuah komputer maka pengguna perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
1) Versi sistem operasi komputer
        Sistem operasi komputer terdiri dari versi 32 bit dan 64 bit.Adapun cara memeriksa versi sistem operasi yang digunakan adalah sebagai berikut:
a) Klik kanan di atas ikon This PC atau My Computer, kemudian pilih Properties.
Gambar 2.21 Letak Ikon This PC
        Maka akan tampil jendela baru yang menginformasikan versi bit sistem operasi komputer sebagai berikut.
Gambar 2.22 Jendela Properties System
         Pada jendela di atas, tampak bahwa tipe sistem adalah versi 64 bit. Di antara perbedaan antara sistem operasi yang menggunakan versi 32 bit dengan 64 bit adalah: 1) Sistem operasi berbasis 32 bit tidak bisa menjalankan software-software dengan versi 64 bit, sedangkansistem operasi berbasis 64 bit lebih leluasa karena dapat menjalankan software 32 bit maupun 64 bit, 2) Sistem operasi yang menggunakan versi 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada 64 bit, 3) Processor dengan versi 32 bit lebih cocok digunakan untuk pekerjaan ringan, dan prosesor versi 64 bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, dll.

2) Drive/ Ruang Penyimpanan File Aplikasi
          Pemasangan sebuah aplikasi juga memerlukan ruang penempatan file-file yang akan dijalankan aplikasi tersebut. Oleh Karena itu, pengguna perlu memperhatikan kondisi ruang penyimpanan komputer sebelum memasang suatu aplikasi

3) Kapasitas RAM
           RAM (Random Acces Memory) berfungsi untuk memanggil aplikasi komputer. Oleh karena itu, kondisi RAM juga berpengaruh pada kecepatan komputer dalam menjalankan sebuah aplikasi komputer. Oleh Karena itu, komputer yang memiliki RAM yang berukuran kecil semestinya diisi dengan sedikit aplikasi-aplikasi yang berukuran kecil saja. Karena jika aplikasi yang dipasang terlalu banyak maka RAMnya akan penuh dan kinerja komputer atau laptop akan terganggu. Adapun langkah-langkah memasang (meng-install) aplikasi komputer adalah sebagai berikut.
  • Persiapkan file master dari aplikasi komputer yang akan diinstall, dan pastikan aplikasi tersebut sesuai dengan versi bit sistem operasi yang digunakan. Aplikasi tersebut dapat dibeli dari pembuat aplikasi atau diunduh dari internet.
  • Buka file installeryang akan diinstal. Biasanya bernamasetup.exe atau nama dari file aplikasi itu sendiri dengan extensi .exe.
  • Ikuti petunjuk instalasi yang terdapat pada layar komputer.Perintah tersebut biasanya adalah perintah untuk mencentang kotak persetujuan ( user agreement), mengklik tombol Next, memasukkanpassword aplikasi pada sebuah kolom, mengklik tombol Install, dan mengklik tombol Finish.
Adapun contoh cara memasang (meng-install) aplikasi Microsoft Office 2016 adalah sebagai berikut.
  • a) Pastikan sudah mempunyai file office 2016. Jika belum punya, maka cari saja di internet atau unduh langsung di website Microsoft.
  • b) Setelah memiliki file setup Windows 10dari , klik file Setup.Exe dengan cara klik dua kali. maka akan muncul halaman instalasi" Microsoft Office Professional Plus 2016",kemudian ikuti petunjuknya.
  • c) Jika muncul halaman persetujuan, centang pada tulisan "I accept the terms of this agreement", lalu klik tombol "Continue".
  • d) Setelah itu, klik tombol "Install Now" jika ingin langsung menginstaltanpa melakukan perubahan pengaturan. Jika ingin menginstal komponen aplikasi tertentu saja, misalnya tidak ingin menginstal Outlook, Publisher, Access, dan OneNote maka pilih Costumize, setelah itu klik Install Now.
  • e) Tunggu proses instal hingga selesai.
  • f) Setelah proses install selesai, klik tombol " Close".
  • g) Selanjutnya, silahkan aktivasi Microsoft office 2016 menggunakan serial number atau aplikasi activator.

b. Menghapus (meng-uninstall)
Adapun langkah-langkah menghapus (meng-uninstall) aplikasi komputer adalah sebagai berikut.
  • a) Klik kanan tombol"Windows", lalu klik menu Control Panel. Perhatikan gambar berikut.
Gambar 2.23Menu "Control Panel"
  • Maka akan tampil jendela "Control Panel sebagai berikut.
Gambar 2.24 Jendela Control Panel
  • b) Pada jendela Control Panel, klik tulisan " Uninstall a program" pada menu "Programs". Maka akan tampil jendela Programs and Features.
Gambar 2.25 Jendela Programs and Features
  • c) Pada gambar di atas, klik salah satu aplikasi yang akan dihapus, kemudian klik tombol Uninstall atau Remove, dan klik lagi tombol uninstall, kemudian tunggu proses instalasi hingga selesai dengan mengikuti petunjuk yang muncul pada layar komputer.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama