Mengenal Lembar Kerja Microsoft Excel

        Microsoft Excel adalah salah satu paket aplikasi Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah dan menyajikan data dengan cepat dan mudah. Hasil luaran aplikasi ini memiliki ekstensi .xlsx dan dikenal dengan workbook. Adapun beberapa cara menjalankan aplikasi Excel adalah:
  • Klik 2x (double click) ikon Excel (image) pada layar desktop
  • Klik tombol Start, kemudian klik menu “All apps”, lalu klik ikon Microsoft Excel. Perhatikan gambar berikut.
image --> image
Gambar 4.1 Menu All apps dan Ikon Ms. Excel
       Selain kedua cara di atas, Anda juga dapat menjalankan MS. Excel dengan mengklik 2x (double click) file yang berekstensi .xlsx. Adapun tampilan halaman kerja Ms. Excel adalah sebagai berikut.
99
Gambar 4.3 Lembar kerja Ms. Excel dan bagian-bagiannya
         Halaman kerja Ms. Excel terdiri dari sel-sel (kotak-kotak) yang tersusun di dalam kolom dan baris sel. Jumlah kolom dalam lembar kerja Ms Excel mencapai 16.384 kolom, dan diurutkan menggunakan alphabet, yakni dari A hingga XFD. Sedangkan jumlah barisnya mencapai 1.048.576 baris, dan diurutkan menggunakan nomor urut. Adapun penamaan sebuah sel diambil dari posisi sebuah sel. Misalnya, sel yang berada pada kolom A di baris 1 maka disebut sel A1.
        Posisi mouse di dalam lembar kerja Microsoft Excel terdiri dari dua mode, yaitu: 1) mode aktif, dan 2) mode edit. Pada mode aktif, sel berfungsi untuk menunjuk (memblok) salah satu sel atau beberapa sel sekaligus. Sedangkan pada mode edit, sel berfungsi untuk mengubah data salah satu sel. Adapun beberapa cara menggunakan mouse pada lembar kerja Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
No.
Tampilan Kursor
Cara menggunakan mouse
1.
imageMemilih salah satu sel: Klik salah satu sel
2.
image
Memblok beberapa sel: Klik, tahan, lalu gerakkan mouse
3.
image
Menuju mode edit: Klik 2x (double click) sel sehingg kursor mouse berubah ke mode edit. Adapun cara keluar dari mode edit adalah: tekan tombol Enter pada keyboard atau klik mouse di sel lain.
4.
Memindahkan isi sel: klik tepat di garis sel, lalu seret garis sel ke tempat lain
5.
image
Menyalin atau mengurutkan isi sel: klik sel yang dipilih, kemudian seret fill handle (kotak hitam yang berada di pojok kanan bawah sel) ke arah sel lain.
Adapun cara mengendalikan kursor mouse menggunakan  tombol keyboard adalah sebagai berikut.
Tombol
Fungsi
image
Pindah satu sel ke kanan
image
Pindah satu sel ke kiri
image
Pindah satu sel ke atas
image
Pindah satu sel ke bawah
image
Pindah ke kolom paling kanan yang berisi data atau jika tidak terdapat data maka akan ke kolom paling akhir, yaitu kolom XFD
image
Pindah ke kolom paling kiri yang berisi data atau jika tidak terdapat data maka akan ke kolom paling awal, yaitu kolom A
image
Pindah ke baris paling awal yang berisi data atau jika tidak terdapat data maka akan ke baris paling atas, yaitu baris 1
image
Pindah ke baris paling bawah yang berisi data atau jika tidak terdapat data maka akan ke baris paling bawah, yaitu baris 1044856
PgUp
Satu layar ke atas
PgDn
Satu layar ke bawah
Ctrl + End
Pindah ke kolom terakhir yang berisi data
Ctrl + Home
Kembali ke sel A1
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama