Cara menulis sitasi dan daftar pustaka dengan bantuan Mendeley


Mendeley adalah software Elsevier yang berfungsi untuk mengelola referensi dan membangun jejaring sosial akademik melalui kegiatan kolaborasi penelitian dan menemukan hasil penelitan-penelitian terbaru. Dengan Mendeley, Anda akan dapat mengelola data referensi Anda pada software Mendeley Desktop yang terintegrasi dengan library web Mendeley, menulis berbagai macam format kutipan dan daftar pustaka secara otomatis, dan gratis membackup data referensi ke web Mendeley sehingga data tersebut tersimpan aman dan dapat disinkronisasi ke software Mendeley Desktop.
Software Mendeley Desktop didukung oleh plug-in web importir dan plug-in sitation. Plug-in web importir berfungsi untuk menyimpan data referensi yang terdapat pada laman web jurnal atau database akademik ke dalam akun web Mendeley, dan disinkronisasi dengan software Mendeley Desktop.
Adapun plugin sitation yang berfungsi untuk mempercepat pengguna dalam memasukkan sitasi dan daftar pustaka dari software Mendeley ke dokumen Microsoft Word atau Libre Office.

A. Menginstall Software Mendeley

Software Mendeley Desktop dapat diunduh secara gratis melalui laman web resminya di: www.mendeley.com/download-desktop. Adapun cara menginstal Mendeley Desktop pada komputer adalah: klik file Mendeley yang telah diunduh, kemudian klik tombol "Next >" untuk melanjutkan proses instalasi, lalu klik tombol "I Agree" untuk menyetujui perjanjian dan melanjutkan proses instalasi, kemudian klik tombol Next >, dan klik tombol "Install" untuk menyelesaikan proses instalasi. Setelah selesai, akhiri proses instalasi dengan mengklik tombol " Finish". Perhatikan gambar berikut.

B. Membuat Akun Mendeley

Setelah selesai menginstall Software Mendeley Desktop di kompter, langkah selanjutnya adalah menjalankan software Mendeley dan masuk ke Akun Mendeley. Adapun cara menjalankan dan masuk di software Mendeley Desktop adalah: klik shortcut aplikasi "Mendeley desktop" (

), kemudian masuk ke Akun Mendeley Anda dengan mengisi kolom Email , kolom Password, lalu klik tombol Login. Jika Anda belum memiliki Akun Mendeley, Anda dapat membuat akun baru Mendeley secara gratis dengan cara: (1) klik tombol "Register", (2) isi alamat email Anda, kemudian klik tombol Continue, (3) isi kolom Given Name dengan nama depan dan kolom Family Name dengan nama belakang, isi kolom password untuk membuat password Akun Mendeley, dan klik tombol Register untuk menyelesaikan pendaftaran, (4) klik Continue to Mendeley untuk masuk ke halaman Akun Mendeley, dan (5) pada halaman Welcome to Mendeley, Anda dapat menggunakan menu " Current role" untuk memilih peran Anda (missal: mahasiswa, dosen, atau peneliti), dan gunakan menu "Field of Study" untuk memilih bidang ilmu. Selanjutnya klik tombol "Continue to Mendeley" untuk menyimpan data Anda. Disamping itu, Anda juga dapat melewati halaman ini dengan mengklik tombol "Skip this Step". Perhatikan gambar berikut.

Setelah Anda telah memiliki akun Mendeley, maka Anda telah dapat masuk ke Software Mendeley Desktop dengan cara: (1) isi kolom email, kolom password, centang kotak Stay signed in (jika Anda menggunakan komputer pribadi), lalu klik tombol "Sign in". (2) Jika berhasil maka nama pemilik Akun Mendeley akan tampil di Bagian kanan atas. 

C. Menginstal Plug-in Web Importer dan Sitasi untuk Microsoft Word

Plug-in web importer berfungsi untuk mengimpor data referensi dari laman web ke library web Mendeley, dan plug-in sitasi berfungsi untuk mengambil referensi dari library Mendeley Desktop dan menambahkannya sebagai sitasi pada dokumen Microsoft Word. Adapun cara menginstal plug-in web importer dan plug-in sitasi Ms. Word adalah sebagai berikut:
  1. Tutup semua software web browser dan software Microsoft Word
  2. Jalankan software Mendeley Desktop, kemudian klik menu "Tools", lalu klik menu "Install Web Importer untuk memasang plug-in
    web importer , dan klik menu "Install MS Word Plugin" untuk memasang plug-in sitasi pada software Microsoft Word, lalu klik tombol OK atau ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan proses pemasangan. Perhatikan gambar berikut.

D. Mengatur Style sitasi

Software Mendeley mendukung banyak jenis style sitasi. Adapun cara memilih atau mengubah style sitasi pada software Mendeley Desktop adalah: klik menu "View", kemudian pilih menu "Citation Style", lalu pilih salah satu jenis sitasi, atau klik menu More Styles… untuk melihat berbagai jenis style sitasi yang lain. Perhatikan gambar berikut.

Jenis sitasi yang umum digunakan oleh media publikasi di Indonesia adalah: 1) American Psychological Association (APA) 6th edition untuk format bodynote, dan 2) Modern Humanities Research Assosiacion 3rd edition untuk format footnote.

E. Mengelompokkan Referensi di Library dengan Folder

Jumlah referensi yang banyak perlu dikelompokkan ke dalam beberapa folder agar mudah dikelola atau diakses saat diperlukan. Adapun cara membuat folder pada software Mendeley Desktop adalah: (1) klik tombol " New Folder" (

), (2) ubah tulisan"Untitled Folder" menjadi nama folder yang diinginkan. Perhatikan gambar berikut.

Selain membuat Folder baru di Library, Anda juga dapat membuat sub-folder di dalam folder yang ada. Adapun cara membuat sub-folder adalah: klik kanan pada folder tertentu, lalu pilih "New Folder", dan buat nama sub folder tersebut. Adapun cara mengubah nama folder yang telah ada adalah: klik kanan nama folder tertentu, lalu pilih rename, dan ketik nama folder baru. Sementara cara menghapus folder beserta isinya adalah: klik kanan folder yang ingin dihapus, lalu pilih Remove Folder, dan klik tombol OK untuk menyelesaikan proses .

F. Menambahkan Referensi ke Library Mendeley

Cara menambahkan referensi ke library Mendeley Desktop dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: 1) mengimpor file metadata ke library, 2) menambahkan file artikel jurnal yang berformat PDF, dan 3) menambahkan metadata referensi secara manual.

1. Mengimpor File Metadata ke Library Mendeley

File Metadata yang dapat diimpor ke library Mendeley antara lain adalah file yang berformat BibTeX, EndNote XML, RIS, dan Zotero. Adapun contoh cara mengunduh file metadata dari google scholar dan mengimpornya ke Mendeley Desktop adalah: 1) buka laman web google scholar di https://scholar.google.co.id, 2) ketik kata kunci artikel untuk mencari artikel yang diinginkan, 3) klik ikon menu google scholar (

), 4) klik menu"Setelan", 5) klik teks "Tampilkan Link untuk Mengimpor pernyataan ke …", 6) klik jenis metadata yang didukung oleh Mendeley. Misalnya: Refman, 7) klik tombol "Simpan", 8) klik tulisan "Impor ke Refman" untuk mengunduh file metadata ke dalam komputer.

2. Menambahkan File PDF dan Memperbaiki Metadatanya

Adapun cara menambahkan file PDF artikel jurnal ilmiah ke dalam library Mendeley adalah: klik folder tertentu untuk mengelompokkan referensi, kemudian 1) Klik simbol panah pada menu "Add", 2) klik tombol "Add Files" untuk memasukkan file PDF secara satu persatu, atau klik "Add Folder" untuk memasukkan beberapa file PDF sekaligus, 3) pilih file PDF dari yang akan ditambahkan, 4) lalu klik tombol "Open", maka file PDF yang telah ditambahkan akan muncul di Library Mandeley Desktop. Perhatikan gambar berikut.

Selanjutnya, periksa kelengkapan dan kebenaran metadata setiap file PDF yang telah ditambahkan. Adapaun cara untuk melihat metadata referensi adalah: (1) klik ikon PDF yang dipilih, (2) klik menu "View", (3) centang menu "Show Document Details", (4) periksa dan perbaiki metadata file PDF dengan mengetik langsung pada panel Details. Perhatikan gambar berikut,

Adapun komponen metadata yang wajib dipastikan benar untuk referensi jenis artikel jurnal adalah sebagai berikut.
  1. Type, digunakan untuk memilih jenis referensi, misalnya: journal article untuk artikel jurnal
  2. Title, diisi dengan judul artikel jurnal
  3. Authors, diisi dengan nama penulis. Format nama penulis adalah: nama belakang, nama depan (Contoh: Batubara, Hamdan Husein). Jika jumlah penulis lebih dari satu Anda dapat menulis setiap nama penulis pada baris baru. Perhatikan gambar di atas.
  4. Journal, diisi dengan nama lengkap jurnal.
  5. Year, Volume, dan Issue, diisi sesuai dengan tahun, volume, dan nomor terbit jurnal
  6. Pages, diisi dengan nomor halaman artikel pada jurnal.

3. Menambahkan Metadata Secara Manual

Penambahan metadata secara manual pada software Mendeley Desktop bertujuan untuk mengutip referensi yang tidak memiliki file PDF. Seperti: buku cetak, jurnal cetak, majalah cetak, hasil interview, dan lain sebagainya. Adapun cara menambahkan metadata secara manual adalah sebagai berikut.
  1. Klik simbol panah pada menu "Add", kemudian pilih menu " Add Entry Manually"
  2. Selanjutnya isi, jendela "New Document" dengan metadata referensi yang ingin ditambahkan secara manual. Perhatikan gambar berikut.

Adapun komponen metadata yang wajib ditambahkan pada referensi jenis buku adalah sebagai berikut.
  1. Type, kolom ini digunakan untuk menentukan jenis referensi, misalnya: book untuk buku
  2. Title, diisi dengan
    judul buku cetak
  3. Authors, diisi dengan nama penulis. Format nama penulis adalah: nama belakang, dan nama depan (Misal: Batubara, Hamdan Husein). Jika jumlah penulis lebih dari satu Anda dapat menulis setiap nama penulis pada baris baru.
  4. Year, diisi dengan tahun terbit.
  5. City, diisi dengan kota terbit penerbit.
  6. Publisher, diisi dengan nama penerbit.

4. Mengimpor Referensi dengan Plug-in Web Importer

Referensi yang terdapat pada suatu halaman web dapat langsung diimpor ke library Mandeley menggunakan plug-in web importer. Adapun cara mengimpornya adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi halaman web yang memuat artikel yang ingin dikutip (misalnya: halaman artikel di jurnal, halaman artikel di database akademik, atau halaman web resmi)
  2. Klik ikon plug-in Mendeley web Importer sehingga muncul panel web importer
  3. Untuk pertama kali, Anda perlu masuk ke Akun Mendeley melalui panel web importer, kemudian klik judul referensi yang tampil di panel web importir untuk melihat rincian datanya
  4. Klik simbol panah "My library" untuk memilih folder penyimpanan referensi
  5. Klik tombol "Add" untuk menambahkan referensi ke library Mendeley
  6. Jalankan software Mendeley Desktop (restart), kemudian klik tombol Sync. untuk memperbaharui koleksi referensinya. Perhatikan gambar berikut.

G. Memasukkan sitasi pada Microsoft Word dengan Plug-in Mendeley

Adapun cara menulis sitasi atau kutipan menggunakan aplikasi Mendeley adalah sebagai berikut:
  1. Buka file atau tulisan yang sedang dikerjakan dan akan disisipi referensi, kemudian letakkan kursor di antara tulisan yang akan disisipi referensi
  2. Pada dokumen Microsoft Word, (1) klik tab References, (2) kemudian klik menu "Insert Citation", (3) maka akan tampil kotak plugin Mendeley. Perhatikan gambar berikut.

  3. Pada kolom plugin Mendeley, (1) ketik sebuah kata kunci untuk mencari referensi yang ingin dari Library Mendeley, (2) kemudian pilih referensi dari hasil pencarian, (3) klik tombol OK untuk memasukkan referensi ke dalam dokumen. Perhatikan gambar berikut.

  4. Anda juga dapat menyertakan nomor halaman pada kutipan Mendeley (Misalnya untuk footnote atau bodynote dengan format: (Batubara, 2017: 34). Caranya adalah: (1) klik tombol "insert citation" untuk menampilkan jendela plugin Mendeley, (2) kemudian cari dan pilih referensi yang ingin ditambahkan ke Ms. Word, (3) lalu hapus tulisan yang terblok hingga tanda titik koma (;) yang di belakang tahun (jendela plugin
    Mendeley akan menampilkan kolom-kolom tambahan), (4) selanjutnya isi kolom page dengan nomor halaman, dan (5) klik tombol OK. Perhatikan gambar berikut.

  5. Jika Anda lupa judul referensi yang ingin dikutip, Anda dapat memilih referensi yang akan dikutip melalui jendela library Mendeley Desktop. Caranya adalah: (1) klik tombol "insert citation" untuk menampilkan jendelaplugin Mendeley, (2) kemudian klik tombol "Go to Mendeley" untuk menampilkan jendela library Mendeley, (3) lalu pilih referensi yang ingin ditambahkan, (4) dan klik tombol "Cite" untuk menambahkan referensi yang dipilih ke Ms. Word. Perhatikan gambar berikut.

H. Mengubah Sitasi dan Style Sitasi

Mengubah sitasi atau kutipan bertujuan untuk memperbaiki sitasi yang salah atau menambahkan komponen lain di dalam sitasi, misalnya: nomor halaman. Adapun cara mengubah sitasi yang telah ada adalah: (1) blok teks sitasi yang akan diubah, (2) kemudian klik menu "Edit Citation", (3) dan ubah sitasi melalui jendela plug-in Mendeley. Perhatikan gambar berikut.

I. Menampilkan Daftar Pustaka

Adapun cara menampilkan daftar pustaka pada naskah Microsoft Word dengan bantuan software Mendeley adalah: (1) letakkan kursor pada halaman daftar pustaka, (2) kemudian klik tab "References", (3) lalu klik menu "Insert Bibliography". Perhatikan gambar berikut.

J. Mengubah Style Sitasi

Adapun cara mengubah gaya atau style sitasi
adal ah: klik tab "References", kemudian klik simbol panah yang terdapat pada menu "Style", lalu pilih salah satu jenis style sitasi. Perhatikan gambar berikut.

K. Menambahkan Catatan dan Penanda pada dokumen PDF

Menambahkan catatan dan penanda pada dokumen PDF bertujuan untuk membantu dan mempercepat pengguna dalam membaca dokumen PDF suatu referensi. Adapun cara memberikan catatan pada dokumen PDF adalah: (1) jalankan software Mendeley Desktop, kemudian klik 2x (doble click) judul referensi yang memiliki file PDF, (2) klik menu "Note" untuk menambahkan Catatan, (3) kemudian klik di dalam teks PDF untuk menyematkan catatan, dan (4) ketik catatan pada kolom catatan. Sedangkan cara menambahkan penanda pada dokumen PDF adalah: (5) klik menu Highlight untuk mengaktifkannya, (6) kemudian klik menu "Color" untuk memilih warna penanda, (7) lalu blok teks yang ingin ditandai. Perhatikan gambar berikut.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama