Cara Membuat Daftar Isi Pada Dokumen Microsoft Word


Langlah-langkah membuat daftar isi pada dokumen Microsoft Word juga dapat dipelajari melalui penjelasan berikut ini.

1. Mengatur struktur judul yang akan ditampilkan pada halaman daftar isi

Misalnya, JUDUL BAB dapat diatur menjadi Heading Level 1, Sub Judul Bab diatur menjadi Heading Level 2, dan Sub dari Sub-Judul Bab diatur menjadi Heading Level 3. Cara menetapkan struktur judul dan sub-judul adalah: blok judul atau sub judul, kemudian klik tab REFERENCES, lalu klik menu "Add Text", kemudian pilih salah satu jenis tingkatan level. Perhatikan gambar berikut.

Gambar 1 Tampilan Menu Level atau Struktur Judul dan Sub-Judul

Judul dan sub judul yang telah berformat heading akan terlihat di panel navigation. Jika panel Navigation belum ditampilkan, maka cara menampilkannya adalah: klik tab “View”, lalu klik kotak menu navigation pane. Adapun cara menghapus format heading dari judul/sub judul adalah: blok teks judul/ sub judul, kemudian klik kembali menu “Add Text”, dan pilih Do Not Show in Table of Contents. 

2. Menampilkan Judul dan Sub-Judul di Halaman Daftar Isi

Cara menampilkan judul dan sub judul yang telah diatur struktur levelnya pada halaman daftar isi adalah sebagai berikut.
  • Tempatkan kursor pada halaman daftar isi, 
  • klik tab “References”, 
  • klik menu “Table of Contents”, 
  • klik Automatic Table 1, maka heading akan tampil di halaman tersebut dengan format daftar isi. 
Jika tampilan daftar isi kurang rapi, maka Anda perlu merapikannya dengan mengatur format teksnya. Misalnya, menghapus tulisan “contents”, mengatur spasi, indentation, dan menyeragamkan ukuran, dan warna teks daftar isi. Contohnya adalah sebagai berikut.

Gambar ‎2 Cara Menampilkan Judul di Halaman Daftar Isi

Jika Anda mengubah lagi isi naskah setelah membuat daftar isi, maka Anda cukup memperbaharui daftar isi yang ada dengan cara: klik kanan di atas daftar isi, kemudian klik menu “Update Table”, lalu pilih “Update page numbers only” jika ingin memperbaharui nomor halaman saja, atau pilih “Update Entire table” jika ingin memperbaharui keseluruhan daftar isi, dan klik tombol “OK” untuk melakukan permbaharuan. Perhatikan gambar berikut.

Gambar ‎3 Kotak dialog Update Table of Contents

Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama