Cara Merekam Layar Komputer dengan Camtasia


Camtasia adalah program perekam layar sekaligus pengedit video. Fitur Camtasia cukup lengkap dan tampilannya juga sederhana sehingga bisa dipelajari dengan cepat untuk menghasilkan video pembelajaran yang berkualitas tinggi. Program Camtasia bisa Anda Anda beli atau unduh versi per-cobaan¬nya pada situs web resminya di: https://www.techsmith.com/video-editor.html. Syarat sistem komputer agar mampu menjalankan program Camtasia 9 adalah sebagai berikut. 
● Sistem operasi komputer: Microsoft Windows 10 (64-bit) atau macOS 10.13 
● Processor: Intel® Core™ i3 atau AMD® Ryzen™ 3. Direkomendasikan Core i5 
● RAM: 8GB atau lebih besar dari itu 
● GPU: NVIDIA GeForce 10 Series or lebih tinggi 
● Ruang Hard disk: tersedia 4GB 
● Layar: 1366x768, 1920x1080, atau lebih besar 
● Microphone: mikrofon internal atau eksternal 

Cara merekam video dengan program Camtasia bisa di-lakukan melalui jendela perekam Camtasia atau melalui plugin Camtasia yang terpasang pada program PowerPoint. Contoh cara merekam slide powerpoint dan kamera webcam dengan plugin Camtasia yang terpasang pada program PowerPoint adalah sebagai berikut. 
Sesuai dengan gambar di atas, (1) klik tab Add-ins, (2) klik ikon kamera untuk menyalakan kamera yang terpasang pada komputer, (3) klik ikon mikrofon untuk menyalakan mikrofon, (4) klik tombol Record untuk memulai merekam, (5) maksimalkan volume microphone, lalu klik tombol “Click to begin recording” untuk memulai proses perekaman. Setelah selesai merekam slide presentasi, Anda dapat menghentikan proses perekaman dengan mengklik tombol keyboard yang bernama “ESC”, (6) lalu jika muncul jendela konfirmasi, silahkan klik tombol Stop recording, maka aplikasi Camtasia akan menampilkan hasil rekaman pada jendela editing video. 
Contoh cara merekam layar dan kamera komputer dengan fitur perekam Camtasia adalah sebagai berikut. Sesuai dengan gambar di atas, (1) Double click ikon Camtasia di desktop, (2) lalu klik tombol New Recording, kemudian pada panel baru, (3) klik menu Full screen untuk merekam seluruh layar, atau klik menu Custom dan drag layar komputer untuk merekam sebagian layar terpilih (4) klik menu Camera on/off untuk mennyalakan dan mematikan kamera komputer (webcam), (5) klik menu Audio on/off untuk menyalakan dan mematikan perekaman mikrofon, (6) atur volume mikrofon menjadi maksimal, dan (7) tekan tombol merah Rec untuk mulai merekam. Setelah selesai perekaman, tekan tombol keyboard yang bernama F10 untuk menghentikan proses perekaman, lalu silahkan edit file hasil rekamannya pada jendela editing Camtasia. 
====================== Silahkan kunjungi channel Youtube saya dan situs web saya untuk melihat video tutorial menarik lainnya. Situs web: http://www.hamdanhuseinbatubara.com Instagram: @hamdanhusienbatubara Facebook: https://web.facebook.com/hamdanhusein Email: huseinbatubara@gmail.com
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama