E-Learning UNISKA - Cara menambah mata kuliah baru

Penambahan mata kuliah baru harus mengacu pada kurikulum lembaga atau program studi (baik dari segi ejaan nama dan kode mata kuliahnya). Operator hanya dibolehkan membuat satu laman perkuliahan untuk setiap mata kuliah, meskipun program studinya memiliki kelas paralel. Adapun langkah-langkah operator membuat laman mata kuliah baru adalah sebagai berikut:
a.      Masuk ke web e-learning
b.     Klik menu pilih Program Studi, lalu pilih salah satu program studi yang akan ditambahkan mata kuliahnya.Maka akan tampil laman kategori mata kuliah sebagai berikut.
c.      Pada laman kategori mata kuliah, klik tombol Tambah perkuliahan baru. Maka akan tampil laman pengaturan mata kuliah yang akan dibuat sebagai berikut.
d.   Pada Menu Umum:
(1)    Nama lengkap* diisi dengan nama mata kuliah (wajib diisi)
(2)    Nama singkat perkuliahan* diisi dengan kode mata kuliah dan disertai dengan nama lengkap mata kuliah (wajib diisi)
(3)    Kategori perkuliahan digunakan untuk memilih kategori/tempat mata kuliah. Contoh: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
(4)    Terlihat digunakan untuk pengaturan apakah mata kuliah tersebut akan langsung ditampilkan pada dosen dan mahasiswa atau disembunyikan (non-aktif), silahkan pilih tampilkan
(5)    Tanggal mulai perkuliahan diisi dengan tanggal mulai laman mata kuliah dapat digunakan (atur ke tanggal hari ini)
e.     Selanjutnya, lewati pengaturan menu-menu berikutnya karena administrator telah menetapkan pengaturan standar pada menu-menu tersebut.
f.      Tekan tombol “Simpan dan kembali” untuk menyimpan pengaturan dan pergi ke laman kategori program studi, atau klik tombol “Simpan dan Tampilkan” untuk menyimpan pengaturan dan pergi ke laman mata kuliah yang berhasil dibuat. Dalam pelatihan ini, pilih “Simpan dan Tampilkan”, maka akan tampil laman mata kuliah tersebut sebagai berikut.
g.   Setelah mata kuliah selesai dibuat, operator atau dosen dapat memperbaharui pengaturan mata kuliah dengan cara: masuk ke laman mata kuliah, lalu klik menu “Ubah Pengaturan” yang terdapat pada kolom Administrasi perkuliahan.

Video Tutorial Cara Menambah mata kuliah dapar disaksikan pada video berikut.

Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama