E-Learning UNISKA - Cara mengisi halaman mata kuliah

Halaman mata kuliah e-learning yang ditampilkan kepada dosen disertai dengan tombol “Hidupkan Mode Ubah”. Tombol tersebut berfungsi untuk mengubah mode halaman mata kuliah ke mode ubah dan atau mengembalikannya ke mode biasa. Pada tampilan mode ubah, halaman mata kuliah akan disertai dengan tombol-tombol yang berfungsi untuk mengisi konten mata kuliah. Sebelum menambahkan materi perkuliahan, maka dosen harus terebih dahulu melengkapi informasi mata kuliah, seperti: deskripsi mata kuliah dan RPS mata kuliah.  Adapun lanngkah-langkah menambahnya pada halaman mata kuliah adalah sebagai berikut:
a.      Masuk ke halaman mata kuliah
b.     Klik tombol “Hidupkan mode ubah”, maka akan muncul beberapa tulisan yang berfungsi untuk mengisi konten halaman mata kuliah.Perhatikan gambar berikut.
c.      Pada gambar di atas, klik tulisan Ubahyang berada di sisi News forum, lalu pilih ‘Edit Section’, maka akan ditampilkan halaman kesimpulan dari general sebagaimana ditunjukkan gambar berikut.
d.     Pada gambar di atas, (1) Pada menu bagian, hilangkan tanda ceklis kotak, lalu ketik judul baru pada kolom tersebut, yaitu: Deskripsi singkat mata kuliah, (2) Pada kolom penjelasan, ketik deskripsi mata kuliah, atau tambahkan gambar dengan mengklik tombol image, klik tombol browse repositories, dan klik tombol choose file, pilih file dari dalam komputer, tekan tombol upload this file, tentukan nama dan ukuran file, lalu tekan tombol save image, (3) klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan.

e.      Senajutnya, unggah file rencana pembelajaran semester (RPS) dan kontrak pembelajaran ke halaman mata kuliah e-learning dengan cara: seret file RPS dari jendela komputer ke aplikasi browser dan lepaskan di bawah News forum. Perhatikan gambar berikut.

Video tutorial cara mengisi halaman mata kuliah dapat disimak pada video berikut.

Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama