E-Learning UNISKA - Cara membuat akun baru secara mandiri

Pendaftaran anggota pada web e-learning dapat dilakukan oleh civitas akademika UNISKA secara mandiri. Adapun cara mendaftar pada web e-learning secara mandiri adalah sebagai berikut:
1.     Kunjungi halaman web e-learning UNISKA dengan mengetikkan alamatnya di kolom URL browser, yaitu: http://elearning.uniska-bjm.ac.id, maka akan tampil halaman web e-learning UNISKA sebagai berikut.
2.     Pada halaman web e-learning, klik tombol Login yang terdapat pada bagian pojok kanan atas halaman, maka akan tampil halaman login sebagai berikut.

3.     Pada halaman login, klik tombol “Silahkan daftar untuk jadi anggota baru !”, maka akan tanmpil formulir pendaftaran sebagai berikut.
4.     Pada halaman anggota baru, isi kolom nama pengguna dengan nomor induk dosen nasional (NIDN) bagi dosen, nomor pokok mahasiswa (NPM) bagi mahasiswa, dan nomor induk karyawan (NIK) bagi staf yang berperan sebagai operator, kemudian isi kolom password dengan password yang Anda inginkan untuk akun e-learning Anda, lalu isi kolom email lagi dengan alamat email yang sama, kemudian isi kolom nama lengkap, nama akhir, kota, dan negara sesuai identitas Anda yang sebenarnya. Selanjutnya klik tombol Buat keanggotaan baru. Maka akan tampil halaman berikut.
5.     Selanjutnya, buka email yang Anda daftarkan pada web e-learning, lalu periksa pesan konfirmasi yang dikirim oleh admin e-learning. Jika pesan tersebut tidak ditemukan di kotak masuk, silahkan periksa folder Spam e-mail. Contoh pesannya adalah sebagai berikut.
6.     Pada isi pesan email tersebut, klik klik URL (alamat website) yang berwarna biru untuk mengaktifkan akun yang telah didaftarkan.
7.     Setelah selesai membuat dan mengkonfirmasi akun, Anda dapat masuk atau login dalam web e-learning dengan cara: klik tombol Login, kemudian isi kolom username dan password, lalu klik tombol Login. maka proses login dikatakan berhasil jika nama pemilik akun telah muncul pada bar atas halaman web. Perhatikan contoh berikut.
8.     Pada nama bagian nama akun e-learning terdapat beberapa menu pengaturan Akun, yaitu:
a)     Preferensi adalah menu untuk membuka halaman pengaturan akun, seperti: mengubah profil dan password akun,
b)     Kalender adalah menu untuk melihat kalender atau jadwal kegiatan yang terdapat pada mata kuliah diikuti,
c)     Messages adalah menu untuk membuka halaman messages (pengiriman pesan),
d)     Private files adalah menu untuk membuka halaman penyimpanan file pribadi,
e)     Forum post adalah menu untuk membuka halaman yang menampilkan laporan tentang postingan pada forum,
f)      My Grades adalah menu untuk membuka halaman laporan nilai pada mata kuliah tertentu,
g)     Lencana adalah menu untuk melihat lencana yang diperoleh oleh pemilik akun,
h)     Keluar adalah menu untuk keluar dari akun e-learning, dan Bantuan adalah menu untuk menghubungi Administrator melalui email.

Video tutorial Cara membuat akun baru secara mandiri dapat dilihat pada video berikut.

Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama