Cara Mengirim Tugas Google Classroom menggunakan Smartphone atau Laptop

Google Classroom telah mengorganisasi materi dan tugas ke pada halaman tugas kelas (Classwork). Materi dan tugas biasanya dikelompokkan berdasarkan topik-topik tertentu sehingga halaman tugas kelas tampak terstruktur. Cara membuka tugas atau materi tertentu yanga ada di halaman tugas kelas (classwork) adalah: klik “nama kelas” yang diikuti, kemudian klik menu “Tugas Kelas (Classwork), lalu klik salah satu judul materi/ tugas. Perhatikan gambar berikut.
Cara mengirim tugas Google Classroom adalah: klik judul tugas, kemudian klik tombol “Lihat Tugas”, maka akan tampil halaman tugas pada versi Smartphone sebagai berikut.

Cara mengirim tugas menggunakan aplikasi Smartphone adalah: (1) klik ikon panah menu (˄), (2) kemudian klik tombol “Add attachment”, (3) lalu klik menu “File” untuk mengunggah file tugas, (4) kemudian pilih file yang ingin diunggah dari dalam memori smartphone, (5) lalu klik tombol “Add attachment” jika ingin mengunggah file tugas yang lain, (6) kemudian klik tombol “Turn in” untuk mengirim (menyerahkan) tugas ke pengajar, (7) dan siswa dapat menggunakan kolom Add private comment untuk mengirim pesan atau komentar kepada pengajar.
Adapun cara mengirim tugas Google Classroom menggunakan aplikasi Browser Laptop adalah sebagai berikut.
Pada contoh halaman tugas di atas, peserta didik dapat (1) batas waktu penyerahan tugas/ pengerjaan pengerjaan kuis, (2) judul tugas/ kuis, (3) nilai poin tugas (nilai maksimal), (4) kategori nilai tugas, nama pengajar, dan petunjuk pengerjaan tugas/ kuis; (5) file lampiran tugas/ lembar soal kuis Google Formulir (wajib diklik jia ia adalah lembar soal kuis); (6) tombol Tambah atau buat untuk mengirimkan file tugas, (7) tombol Serahkan atau tombol Tandai sebagai selesai untuk menyatakan bahwa tugas/ kuis telah selesai dikerjakan (tombol ini wajib diklik setelah mengiri tugas/ mengerjakan kuis); (8) kolom untuk mengirim komentar pribadi. Tampilan halaman tugas di browser laptop sedikit berbeda dengan tampilan di aplikasi Google Classroom versi Smartphone.

Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama