Aplikasi Untuk Mencari dan Menyimpan Referensi

Referensi adalah karya tulis ilmiah terpercaya yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membahas suatu topik. Selain itu, mempelajari referensi juga akan membantu penulis dalam menjelaskan originalitas dan posisi tulisannya dibandingkan dengan tulisan terdahulu. Oleh karena itu, kemampuan penulis dalam menemukan referensi yang berkualitas dapat mempengaruhi kualitas tulisannya.

Adapun beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari  dan menyimpan referensi adalah sebagai berikut.

1. Google Scholar (https://scholar.google.com)

Google Scholar adalah aplikasi web yang memiliki fitur yang sederhana untuk menelusuri publikasi ilmiah dengan cakupan yang luas, seperti artiel jurnal ilmiah, buku, laporan penelitian, dan makalah. Saudara dapat menggunakan Google Scholar untuk mencari referensi, berlangganan dengan publikasi ilmiah dalam bidang tertentu, dan untuk mengunduh file meta data referensi. Tampilan halaman web Google Scholar adalah sebagai berikut.

2. Dimensions (https://app.dimensions.ai)

Dimensions adalah aplikasi web yang menyajikan publikasi ilmiah dengan peralatan yang lebih lengkap dari pada Google Scholar. Saudara dapat menggunakan peralatan-peralatan dimensions untuk mencari referensi, menyeleksi referensi secara cermat, dan mengunduh file meta referensi.  Tampilan halaman web dimensions adalah sebagai berikut.


3. Publish or Perish (https://harzing.com)

Publish or Perish adalah aplikasi komputer yang dirancang untuk membantu akademisi untuk menelusuri referensi yang terkait dengan topik yang ditelitinya, menjelaskan posisi penelitiannya, dan  untuk menyimpan file meta data referensi yang ditemukannya. Saudara dapat mengunduh aplikasi publsih or perish pada website ini https://harzing.com/resources/publish-or-perish. Tampilan halaman websitenya adalah sebagai berikut.


Demikian tiga aplikasi yang saya rekomendasikan. Semoga bermanfaat.
  
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama