Cara Membuat Video Pembelajaran dengan Aplikasi Capcut

Capcut adalah aplikasi pengedit video untuk perangkat Android. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan mengunduhnya melalui Google playstore. Aplikasi Capcut memiliki tampilan yang sederhana, fiturnya lengkap, dan mudah digunakan untuk menyunting video. Fitur aplikasi Capcut adalah:

(1)  Memotong dan mengkrop video,

(2)  Menambahkam teks, stiker, file gambar, video, dan audio ke dalam lapisan timeline

(3)  Menghapus latar belakang video,

(4)  Menambahkan transisi di potongan video,

(5)  Mengatur warna dan kecerahan video,

(6)  Menambahkan animasi masuk, keluar, dan berulang pada objek,

(7) Menambahkan animasi keyframe,

(8) Mengubah kecepatan klip video, dan 

(9) Mengatur gelombang volume dan noise audio video.

Contoh langkah-langkah menyunting video pembelajaran dengan aplikasi Capcut adalah sebagai berikut. 

1. Cara menjalankan aplikasi Capcut 
Klik ikon aplikasi Capcut, maka akan tampil halaman utamanya sebagaimana ditunjukkan oleh gambar di samping. Tombol gerinda yang berada di pojok kanan atas berfungsi untuk membuka halaman setelan aplikasi. Tombol Proyek baru berfungsi untuk membuat proyek baru dan memulai proses penyuntingan video baru. Nama file proyek video yang sedang atau telah selesai dikerjakan akan tampil di halaman depan aplikasi. Pada bagian bawah aplikasi terdapat menu Edit, Template (template video), kotak masuk, dan saya (profil pengguna).

 2. Cara menambahkan foto latar belakang video 
Sebelum menambahkan file video, Saudara sebaiknya menambahkan foto latar belakang terlebih dahulu. Caranya: klik tombol proyek baru, kemudian pilih menu foto untuk melihat daftar file gambar, lalu pilih foto yang ingin digunakan sebagai latar belakang video, lalu klik tombol Tambah. Maka file media yang ditambahkan akan masuk ke halaman projek penyuntingan video.

 3. Cara mengatur foto latar belakang 
Klik dan usap foto latar belakang dengan dua jari untuk memperbesar tampilan gambarnya, dan drag foto untuk mengatur posisinya. Cara mengubah waktu tampil gambar adalah: klik penanda media yang berada di timeline, lalu drag garis yang berada di ujung penanda media ke arah luar. Selain itu, Saudara dapat mengusap area timeline untuk menggulir isinya, dan mendrag area timeline dengan dua jari untuk memperbesar dan memperkecil tampilannya.

 4. Cara menambahkan video ke jalur timeline yang baru 
Usap area menu untuk menemukan menu Overlay, kemudian klik menu overlay, kemudian pindahkan posisi playhead (garis putih penunjuk durasi) ke awal timeline. Selanjutnya, klik lagi menu overlay, lalu klik menu video untuk memilih file video yang ingin ditambahkan, kemudian klik tombol tambahkan.

5. Cara mengatur tampilan video 
Cara mengatur ukuran dan letak video adalah: Klik dan drag video dengan dua jari untuk memperbesar tampilannya, kemudian drag video ke area tertentu untuk mengatur posisinya. Cara memotong durasi video yang ingin dihapus adalah: arahkan garis penunjuk durasi (playhead) pada durasi pemotongan, lalu drag garis awal video ke posisi garis playhead untuk memotong bagian awal video, kemudian lakukan hal yang sama untuk memotong bagian akhir video. 

6. Cara menghapus latar belakang video dan mempercerah warnanya 
Cara menghapus warna latar belakang video: Klik objek video, kemudian usap area menu untuk mencari dan mengklik menu Hapus Latar Belakang, tunggu proses penghapusan latar belakang secara otomatis. Cara memperterang warna video: cari dan klik menu sesuaikan, lalu pilih menu kecerahan, lalu atur tingkat kecerahan warnanya. Cara mempercerah bagian wajah saja: klik menu tingkatkan, pilih wajah, lalu pilih pemutih dan atur kecerahannya.

7. Cara menambahkan stiker dan animasinya 
Usap area menu untuk mencari menu Stiker, kemudian klik menu stiker, lalu cari dan pilih foto stiker yang ingin ditambahkan. Selanjutnya, drag foto stiker untuk mengatur ukuran dan posisinya. Cara menambahkan efek animasi pada stiker adalah: klik foto stiker, kemudian klik menu Animasi, lalu pilih jenis animasi untuk efek masuk dan juga animasi untuk efek keluar. Selanjutnya, klik tombol Back untuk kembali tampilan menu utama.

 8. Cara menambahkan teks 
Klik menu Teks, lalu klik menu Tambahkan teks, kemudian ketik teksnya, lalu klik tombol centang. Selanjutnya, klik menu Gaya, kemudian atur font, gaya, animasi, dan format lainnya melalui menu-menu yang tersedia.

 9. Cara menambahkan template teks 
Klik menu Teks, menudian klik menu Templat teks, lalu pilih salah satu jenis template teks yang tersedia. Selanjutnya, klik tampilan templat teks di layar untuk mengubah isi teksnya, lalu klik tombol centang.

10. Cara menampilkan penanda media di jalur timeline 
Cara menampilkan penanda foto/ video yang terdapat di timeline adalah dengan mengklik ikon balon yang ada di atas timeline atau klik menu Overlay. Cara menampilkan penanda teks dan stiker adalah dengan mengklik menu Teks / stiker.

11. Cara menambahkan foto latar belakang dan transisi 
(1) Tambahkan foto ke jalur yang sama dengan mengklik tombol tambah yang berada di ujung jalur timeline pertama. (2) Atur waktu tampil foto dengan mengklik penanda durasi waktu tampil foto, lalu drag garis ujungnya. (3) klik dan drag foto latar belakang menggunakan dua jari untuk mengatur ukuran dan posisinya. (4) tambahkan transisi dengan mengklik kotak putih yang berada di antara potongan foto latar belakang.

12. Cara menambahkan foto di jalur baru dan animasinya 
Klik menu Overlay, kemudian atur posisi playhead (garis putih penunjuk durasi waktu), lalu klik menu Overlay, kemudian pilih file foto transparant dari dalam penyimpanan Smartphone, lalu klik tombol Tambah. Selanjutnya, klik dan drag foto yang telah ditambahkan untuk mengatur waktu tampilnya. Selanjutnya, klik menu Animasi, lalu klik menu masuk/ keluar untuk memilih jenis animasi masuk/ keluar.

13. Cara menambahkan file audio 
Klik menu audio, kemudian gunakan salah satu menu yang tersedia, yaitu: (1) menu Suara untuk memilih dan menambahkan suara musik, (2) menu Efek untuk memilih dan menambahkan suara efek, seperti suara transisi, suara bel, dan lainnya), (3) menu Diekstrak untuk menambahkan file suara dari file video, dan (4) menu Sulih suara untuk menambahkan suara dengan cara merekam suara secara langsung.

14. Cara mengatur file audio 
Klik file audio pada timeline, kemudian gunakan salah satu menu yang tersedia, yaitu: (1) menu Volume untuk mengatur volume, (2) menu Pudar untuk memudarkan suaranya di awal dan diakhir, (3) menu Bagi untuk memotong audio, (4) meng Hapus untuk menghapusnya, (5) menu Kecepatan untuk mengatur tingkat kecepatan durasi audio.

15. Cara menambahkan animasi pergerakan gambar (keyframe) 
Klik gambar yang ingin dianimasikan, kemudian arahkan playhead (garis penunjuk durasi) ke durasi tertentu, Selanjutnya, tambahkan titik awal pergerakan animasi dengan cara: klik tombol keyframe ( ) lalu geser gambar ke posisi tertentu. Selanjutnya, tambahkan titik akhir pergerakan animasi di durasi yang lain dengan cara yang sama. Selanjutnya, tarik playhead di atas durasi video yang bertanda animasi untuk melihat hasilnya.

16. Cara mengekspor video 
Cara mengekspor video yang telah selesai disunting ke format MP4 adalah: klik tombol 1080 P untuk mengubah setelan resolusi dan tingkat bingkai video (fps), kemudian klik tombol ekspor yang berada di pojok kanan atas, lalu tunggi proses ekspornya hingga selesai atau 100%. Penjelasan lebih lengkap bisa dilihat pada buku media pembelajaran yang saya tulis. Klik link ini untuk mengunduh file bukunya. Selain itu, Anda juga melihat penjelasannya melalui video tutorial berikut.


Video di atas menjelaskan bagaimana cara membuat video pembelajaran MI/SD menggunakan Smartphone Android dan aplikasi Capcut yang dapat diinstall secara gratis melalui Google Playstore.
Hasil video pembelajaran yang diedit pada video tutorial di atas adalah sebagai berikut.

Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama