Cara Mengedit Video dengan Camtasia Studio 2018

Camtasia adalah program perekam layar sekaligus pengedit video. Fitur Camtasia cukup lengkap dan tampilannya juga sederhana sehingga bisa dipelajari dengan cepat untuk menghasilkan video pembelajaran yang berkualitas tinggi. Program Camtasia bisa Anda Anda beli atau unduh versi per-cobaan¬nya pada situs web resminya di: https://www.techsmith.com/video-editor.html. Syarat sistem komputer agar mampu menjalankan program Camtasia 9 adalah sebagai berikut. 
● Sistem operasi komputer: Microsoft Windows 10 (64-bit) atau macOS 10.13 
● Processor: Intel® Core™ i3 atau AMD® Ryzen™ 3. Direkomendasikan Core i5 
● RAM: 8GB atau lebih besar dari itu 
● GPU: NVIDIA GeForce 10 Series or lebih tinggi 
● Ruang Hard disk: tersedia 4GB 
● Layar: 1366x768, 1920x1080, atau lebih besar 
● Microphone: mikrofon internal atau eksternal 

Cara merekam video dengan program Camtasia telah saya jelaskan sebelumnya pada postingan terdahulu (Klik untuk melihat tutorialnya). Pada postingan ini, Saya akan menjelaskan cara mengedit video pembelajaran menggunakan fitur-fitur Camtasia 2018 adalah sebagai berikut. 

1. Mengimpor Media dari komputer 
Jenis media yang dapat diimpor ke program Camtasia adalah: video, foto, audio, Powerpoint, dan file hasil rekaman Camtasia. Cara meng¬im¬pornya adalah: (1) klik menu media, (2) kemudian klik kanan di area Media Bin, lalu pilih Import media, (3) ke¬mudian pilih file dari jendela komputer, (4) lalu klik Open. 

2. Memasukkan media ke timeline 
Caranya: (1) tempatkan Playhead di waktu yang diharapkan media tersebut akan tampil, (2) lalu klik menu media, (3) dan klik menu Add to Timeline at Playhead. Selanjutnya atur ukuran video pada canvas dengan mendrag gambar video tersebut. 

3. Mengatur Video pada Canvas 
Caranya: (1) klik ikon panah agar kursor mouse dapat digunakan untuk menggeser/ memperbesar tampilan video/gambar di canvas, (2) klik ikon Crop agar mouse dapat digunakan memotong bagian video/gambar, (3) gunakan menu Zoom untuk memperbesar tampilan video di canvas. Selanjutnya, klik kanan video/ gambar, (4) lalu klik Scale to fit untuk membuat ukuran tampilan video sama dengan ukuran canvas, (5) klik menu Arrange untuk mengurutkan susunan objek dicanvas, (6) klik menu Add Visual affect untuk mengatur tampilan visual video, seperti warnanya, menghapus latarnya, dsb, (7) klik menu Project settings untuk mengatur atribut projek yang sedang dikerjakan, (8) Canvas dimensions berarti ukuran canvas, (9) Color berarti warna latar, (10) Frame Rate berarti jumlah frame yang ditampilkan dalam setiap detik, (11) Apply berartu menerapkan pengaturan. 

4. Menambahkan teks atau simbol panah 
Caranya: (1) klik menu Annotation, (2) lalu klik menu Callouts, (3) kemudian drag salah satu jenis teks ke timeline, (4) lalu atur waktu tampil teks dengan menggeser teks yang di timeline atau mendrag bagian awal/akhirnya, (5) Double click teks yang di timeline, lalu double klik teks yang di layar untuk mengeditnya, dan gunakan menu Properties untuk mengatur format teks. Lakukan hal yang sama untuk menambahkan simbol panah. 

5. Menambahkan efek Zoom 
Caranya: (1) tempatkan Playhead pada waktu gambar akan ingin diperbesar, (2) klik menu Animations, (3) drag sudut kotak untuk memilih bagian gambar yang akan disorot, (4) dan uji coba animasinya dengan menjalankan playhead timeline. 

6. Menambahkan Behaviors (animasi saat masuk, tetap, dan keluar) 
Caranya: (1) klik menu Behaviours; (2) lalu drag salah satu jenis Behaviors ke media teks, dan Anda juga dapat menerapkan efek behaviors pada media visual lain (seperti: gambar/ video); (3) kemudian gunakan area Properties untuk mengatur tampilannya saat masuk (In), tetap (During), dan keluar (Out), (4) lalu klik panah (▼)teks untuk melihat efek di dalam teks, dan Anda dapat menghapus efek dengan mengklik kanan nama efek tersebut, lalu klik Delete. 

7. Memisahkan Audio dari Video
Caranya: klik kanan media video, lalu pilih Separate Audio and Video, maka file audio akan muncul di track/ jalur timeline yang baru. 

8. Memotong audio, video, gambar, atau teks 
Caranya: (1) klik media sambil menahan tombol Shift untuk menyeleksi media, (2) lalu arahkan Playhead pada durasi waktu pemotongan, (3) dan klik tombol Split, (4) maka media akan terpotong/ terbagi dua. 

9. Menambahkan Transisi di antara potongan gambar 
Caranya: (1) klik menu Transitions, (2) drag salah satu transisi ke bagian awal atau ke bagian potongan antara media. 

10. Mengedit Volume Audio 
Caranya: (1) klik file audio, lalu tarik garis audio ke atas untuk menaikkan volume audio dan tarik garis ke bawah untuk menurunkan volume, (2) kemu-dian klik kanan garis audio, lalu pilih Add Audio Point untuk me-nambahkan titik audio, lalu tarik titik audio untuk membuat gelombang volume. Selain itu, Anda juga dapat menge-dit audio dengan cara: (3) klik menu Audio Effect, lalu drag salah satu efek ke atas track audio. Misalnya: Noise Removal untuk menghapus suara bising, Volume Leveling untuk mengatur tingkat volume, Fade In dan Fade Out untuk mengatur gelombang audio. 

11. Mengubah kecepatan gerakan gambar dan suara video (Clip speed) 
Caranya: (1) klik menu Visual Effects, (2) lalu drag Clip speed ke potongan video yang akan diperlambat, (3) kemudian klik panah video untuk melihat efek Clip speed, (4) lalu tarik ikon clip speed (ikon jam) ke kanan/ kekiri untuk memperlambat/ mempercepat durasi video. 

12. Memperbaiki warna video 
Caranya: (1) klik menu Visual Effects, (2) lalu drag menu Color Adjustment ke video yang berada di Timeline, (3) kemudian cari menu Color Adjustment pada area Properties, lalu gunakan menu Brightness untuk mengatur tingkat kecerahannya, menu Contrast untuk mengatur kontras warna, dan menu Saturation untuk mengatur ketajaman warnanya. 

13. Menghapus Background video 
Caranya: (1) klik menu Visual Effects, (2) lalu drag menu Remove a Color ke track video yang berada di timeline, (3) kemudian cari menu Remove a Color pada area Properties, lalu gunakan menu Color untuk memilih warna background yang akan dihapus, dan atur menu Tolerance dan Softness untuk menyesuaikan hasil gambar. 

14. Mengekspor hasil editan ke format video digital 
Caranya adalah: (1) klik tombol Share, lalu klik menu Local File, (2) kemudian klik panah menu Custom poduction settings, lalu pilih format video tujuan (misalnya MP4), (3) kemudian klik tombol Next, (4) lalu isi kolom Production name dengan nama file video, (5) gunakan menu Folder untuk menentukan folder penyimpanan, (6) lalu klik tombol Finish.



Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama