Cara Menginstall Windows 10 di Macbook 2011 dan Macbook yang tidak didukung

Macbook air telah menyediakan aplikasi Boot camp untuk memudahkan pengguna macbook menginstall sistem operasi Windows di Macbooknya. Namun demikian, aplikasi Boot camp Macbook tahun 2011 dan yang lebih lama tidak memboleh penggunanya menginstall Windows 10, dan hanya membolehkan penggunanya menginstall Windows 7 dan Windows 8,1. Hal ini tentu membatasi pengguna Macbook Tahun 2011 atau yang lebih lama untuk menikmati fitur-fitur terbaru dari Windows 10.
Sistem yang disyaratkan oleh Windows 10 sebenarnya sama dengan persyaratan Windows 7 dan Windows 8,1. Oleh karena itu, Macbook Air yang bisa menjalankan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8,1 harusnya bisa juga menjalankan sistem operasi Windows 10. Cara yang sudah penulis buktikan berhasil untuk menginstall Windows 10 di Macbook air 11 inch tahun 2011 adalah sebagai berikut.
1. Siapkan sebuah buah flashdisk kosong dengan format Fat 32.
2. Unduh file ISO Windows 7 dari internet, misalnya dari getintopc.com
3. Colokkan flash disk dengan format fat 32 ke Macbook air
4. Klik Finder, klik folder Aplikasi, lalu klik menu Utilitas, lalu klik dua kali ikon Asisten Boot Camp. Perhatikan gambar berikut.
5. Pada jendela Boot Camp, klik tombol Continue. Perhatikan gambar berikut.
6. Centang kotak menu Create a Windows... dan kotak menu Install Windows 7.. seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut, lalu tekan tombol Continue.
7. Pilih file ISO Windows 7 dari folder penyimpanan file, kemudian klik nama flash disk yang ingin digunakan untuk menginstall Windows 7, lalu klik tombol Continue. Perhatikan gambar berikut.
8. Setelah proses penyalinan file Windows 7 ke Flash disk selesai. Selanjutnya, tentukan besaran partisi hard disk yang akan digunakan untuk sistem operasi Windows dan Mac. Selanjutnya klik tombol Install. Perhatikan gambar berikut. 
9. Setelah laptop Restart, maka akan masuk ke proses instalasi Windows 7. Saat memilih partisi Harddisk, pilih dan format partisi dengan nama Bootcamp. Perhatikan gambar berikut.

10. Ikuti petunjuk dan proses instalasi Windows 7 sebagaimana biasanya.
11. Unduh file ISO Windows 10 dan file aplikasi Winrar. Buka file ISO Windows 10 dengan Winrar, lalu ikuti proses instalasi Windows 10 sebagaimana biasanya.
12. Setelah selesai menginstall Windows 10. Selanjutnya adalah menginstall Drivernya. Caranya adalah: Matikan Macbook Air, lalu nyalakan Macbook Air, dan tekan tombol Option untuk menampilkan pilihan sistem operasi, lalu pilih Mac OS.
13. Pada sistem operasi Mac, colokkan flash disk ke macbook, lalu jalankan aplikasi Boot camp, kemudian centang menu Download the latest support software from Apple, kemudian tekan tombol Continue, lalu pilih flash disk sebagai target instalasinya, kemudian install driver tersebut.
14. Matikan laptop macbook air, nyalakan dan tekan tombol Option untuk masuk ke partisi Windows 10, kemudian hubungkan laptop ke internet, lalu install aplikasi Boot camp yang terdapat di Flash disk.

Selamat mencoba.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama