Cara Mengatasi Masalah Footnote Yang Garis Pembatasnya Berada di Tengah

      Idealnya format footnote atau catatan kaki adalah rata kiri-kanan dan garis pembatasnya berada di sebelah kiri. Oleh karena itu, sungguh tidak biasa dan kesannya kurang baik ketika dokumen Microsoft Word Anda menampilkan footnote / catatan kaki dengan format rata tengah dan garis pembatasnya berada di tengah. Contohnya adalah seperti gambar di bawah ini.
      Adapun cara mengatasi masalah footnote yang menjadi rata tengah dan garis pembatasnya berada di tengah adalah sebagai berikut.
  • Klik Tab Home, kemudian klik simbol panah pada pojok kanan menu Paragraph, maka akan tampil jendela Paragraph. Perhatikan gambar berikut.
  • Selanjutnya pada jendela paragraph, klik  simbol panah yang terdapat pada menu Allignment, lalu pilih Justified (rata kiri kanan) atau left (rata kiri), kemudian klik tombol Set As Default, maka akan tampil jendela konfirmasi sebagai berikut.
  • Pada kotak dialog di atas, klik bulatan "This document only" jika Anda ingin menerapkan pengaturan/ perbaikan format untuk dokumen yang sedang dibuka saja, atau klik menu "All documents based on the Normal template" jika Anda ingin menerapkan pengaturan/ perbaikan format menjadi pengaturan utama/ dasar, kemudian, klik tombol OK.
      Demikianlah cara mengatasi masalah footnote yang garis batasnya di tengah dan kalimatnya berformat rata tengah. Semoga bermanfaat.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama