Mengedit foto bersama yang beresolusi rendah menjadi pasfoto apik

Semakin canggihnya software aditing foto saat ini telah membuat setiap orang semakin mudah dalam mengubah dan memanipulasi foto menjadi lebih apik. Dengan tips ini, Anda tidak perlu lagi memiliki kamera digital yang mahal atau pergi ke studi foto untuk mendapatkan file pasfoto yang apik, melainkan cukup mengedit foto Anda dengan software Adobe Photoshop. 😁
Dalam contoh ini, Saya akan menggunakan sebuah contoh foto bersama yang kebetulan dikirim teman saya melalui WhatsApp sehingga kualitas foto Saya di dalam foto tersebut kurang baik dan pecah saat diperbesar. Foto aslinya sebelum diedit adalah sebagai berikut.
Adapun beberapa teknik editing yang Saya lakukan untuk mengedit foto tersebut menjadi pasphoto adalah sebagai berikut.
  1. Memotong bagian foto dengan presisi 3x4 cm menggunakan "Crop"
  2. Memperbesar ukuran foto tanpa pecah atau kabur dengan cara: salin foto ke dokumen photoshop baru yang resolusinya lebih besar (misal: 300 pixels) , kemudian klik kanan di atas menu layer foto, lalu pilih menu "Convert to Smart Object", kemudian klik tools "move", dan drag poin yang disudut foto untuk memperbesar ukuran foto.
  3. Menghapus latar foto dengan cara: seleksi foto dengan "Pen", kemudian tekan kombinasi tombol "Ctrl + Shift + Enter" untuk menampilkan garis seleksi pada foto, lalu tekan tombol "Ctrl+ Shift + I" untuk menyeleksi latar/ background foto, kemudian klik tombol delete untuk menghapus latar/ background, dan rapikan tepi foto dengan tools "Eraser" 
  4. Mewarnai latar foto dengan cara: Buat layer baru dengan mengklik kombinasi tombol "Ctrl+ Shift + N, kemudian tempatkan layer baru tersebut di bawah layer foto, dan berikan warna latar dengan "Brush"
  5. Mewarnai bagian yang terlalu samar atau terlalu kontras dengan "Brush", misalnya, warna pada bagian kelopak mata dan alis.
  6. Mencerahkan bagian yang ditimpa bayangan dengan "Dodge" dan menormalkan bagian yang ditimpa cahaya dengan "Burn"
  7. Menyamarkan noda jerawat atau noda tertentu dengan cara: klik tool "Patch", kemudian seleksi noda tertentu dan drag hasil seleksi ke bagian kulit lain yang lebih mulus.
  8. Menghaluskan gambar yang pecah dengan cara: klik menu filter, kemudian pilih menu "Noise", dan klik menu "Reduce noise" 
  9. Mencerahkan warna dengan cara: klik menu "Image", lalu pilih menu Adjustments, lalu gunakan menu Curves untuk mengatur tingkat kecerahan pada bagian tertentu, lalu gunakan menu "Selective color" untuk memanipulasi warna tertentu, dan gunakan menu "Hue/Saturation" untuk mempertajam warna.
" Selamat mencoba "
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama