Cara Mengubah Format Tanggal Menjadi Teks di Microsoft Excel


      Salah satu format sel Microsoft Excel adalah format Date, yaitu format sel yang digunakan untuk menginput data tanggal. Adapun format baku tanggal di dalam sel yang berfomat date adalah menggunakan short date (format pendek), yaitu: dd/mm/yyyy, misalnya: 31/12/2019. 
      Untuk mengubah format baku tanggal ke format lain, misalnya: 31 Desember 2019, maka kita dapat mengubah format sel dengan cara: klik kanan sel, lalu pilih format sel, kemudian klik menu Date, dan pilih format tanggal yang sesuai dengan keinginan Anda. Perhatikan gambar berikut.
      Berdasarkan cara di atas, maka format tanggal akan berubah menjadi sesuai dengan format tanggal yang diinginkan, misalnya: 31 Desember 2019. Namun, keterbatasan mengubah format tanggal melalui format sel adalah: 
  1. Format nama bulan di dalam tanggal TIDAK BISA diubah menggunakan fungsi teks, seperti UPPER, PROPER, dan LOWER), Misalnya penulis ingin nama bulannya menjadi huruf kapital dengan fungsi UPPER, contoh: 31 DESEMBER 2019.
  2. Format tanggal akan berubah menjadi format baku atau short date (contoh: 31/12/2019) ketika tanggal tersebut dihubungkan dengan Microsoft Word menggunakan fungsi Mailing. Misalnya, di sel Ms. Excel menggunakan format 31 Desember 2019, maka di Microsoft Word akan tampil dengan 31/12/2019.
     Untuk mengatasi keterbatasan di atas, maka solusinya adalah dengan mengubah format tanggal menjadi teks. Adapun caranya adalah sebagai berikut.
  •  Ketik tanggal pada sel tertentu, misalnya: A1
  • ketik rumus teks pada sel tertentu untuk mengubah format tanggal menjadi teks, misalnya, contoh rumusnya adalah: =TEXT(A1;"DD MMMM YYYY")
  • Maka contoh hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut.
 Demikian cara mengubah format tanggal menjadi teks, semoga bermanfaat. Wassalam.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama