Cara Menggunakan Zoom untuk melaksanakan video conference

Zoom adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video dengan banyak orang, baik dengan browser laptop maupun dengan aplikasi Zoom versi Android. Penggunaan Zoom untuk membuat panggilan video mengharuskan seseorang untuk memiliki akun Zoom, sedangkan untuk menerima panggilan video atau mengikuti konferensi video, seseorang tidak perlu membuat akun Zoom.
Akun Zoom terdiri dari akun versi gratis dan berbayar. Penggunaan akun Zoom versi gratis untuk melakukan panggilan video hanya dapat bertahan selama 40 menit sehingga semua pengguna harus masuk kembali ke ruang video konferensi jika ingin melanjutkan panggilan video.
Cara menggunakan Zoom adalah: buka situs web http://zoom.us, tampilan halaman situs webnya adalah sebagai berikut.

Pada gambar di atas, cara bergabung dengan konferensi video yang dilaksanakan oleh orang lain adalah: (1) klik menu Join a meeting, kemudian masukkan ID Meeting atau Link, lalu klik tombol Join. Sementara cara membuat konferensi video adalah: (2) klik Sign up/ Sign in untuk daftar/ masuk ke akun Zoom, kemudian Anda masuk dengan akun Google atau facebook atau email lain. Setelah berhasil masuk akan muncul halaman akun Zoom sebagai berikut.
Pada gambar di atas, (1) klik menu Meetings, (2) lalu klik menu Personal Meeting Room, (3) kemudian bagikan Meeting ID/ URL kepada orang lain untuk mengundangnya masuk ke ruang konferensi video, (4) lalu klik tombol Start Meeting untuk memulai konferensi video (Zoom akan meminta pengguna untuk menginstall Zoom versi laptop saat menggunakan Zoom dengan Browser). Contoh tampilan halaman konferensi video Zoom adalah sebagai berikut.
 Pada gambar di atas, (1) ikon mik berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mikrofon perangkat yang digunakan, (2) ikon kamera berfungsi untuk menyalakan dan mematikan kamera perangkat yang digunakan, (3) ikon Invite berfungsi untuk mengundang orang lain untuk memasuki konferensi, baik melalui link atau pesan email, (4) ikon Manage Participants berfungsi untuk mengelola peserta konferensi (misalnya: chating dengan salah seorang peserta, mematikan mikrofon atau kamera peserta, atau menjadikan peserta menjadi host), (5) ikon Share Screen berfungsi untuk membagikan layar atau jendela perangkat sehingga pengajar dapat mempresentasikan sesuatu, (6) ikon Chat untuk membuka ruang obrolan, (7) ikon Pause. Stop Recording untuk menjeda atau menghentikan proses perekaman konferensi, (8) ikon Reaction untuk mengirimkan reaksi, seperti: angkat tangan, tepuk tangan, atau jempol, (9) End Meeting berfungsi untuk mengakhiri pertemuan, (10) menu Speaker View/ Galery View berfungsi untuk menampilkan kamera pengajar/ seluruh kamera peserta, dan (11) ikon kotak/ full screen berfungsi untuk membuat tampilan program di layar perangkat menjadi penuh. Cara menggunakan program Zoom versi aplikasi Android hampir sama dengan versi browser Laptop, yaitu: unduh program Zoomdi Playstore, kemudian buka program Zoom, maka akan tampil jendela Zoom sebagai berikut.
Pada gambar di atas, (1) menu New Meeting berfungsi untuk membuat konferensi video baru, (2) menu Join berfungsi untuk masuk ke konferensi video yang dibuat orang lain, (3) menu Schedule berfungsi untuk menjadwalkan konferensi video, (4) menu Share Screen berfungsi untuk membagikan layar perangkat kepada peserta konferensi, (5) menu Meetings menampilkan personal meeting ID (kode untuk masuk ke konferensi), menu untuk mengirim undangan dan memulai konferensi, (6) tampilan halaman konferensi video terdiri dari mode galeri dan mode pengajar (usap layar untuk pindah ke salah satu mode), (7) tombol Leave berfungsi untuk keluar dari konferensi video, (8) tombol-tombol yang di bawah berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mikrofon atau kamera, membagikan layar, chatting, dan menampilkan emot reaksi, (9) gambar ini menampilkan mode pengajar dimana tampak layar komputer pengajar dan video pengajar yang sedang menjelaskan materi.

Cara menggunakan Zoom juga dapat Anda pelajari dari video tutorial berikut.


Terma kasih telah mengunjungi blog saya,
Saya mohon dukungan subscribe untuk channel Youtube saya dengan mengklik link ini: https://bit.ly/ythamdanhusein
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama