Membuat Cover Buku Keren dengan Corel Draw X7

Corel Draw adalah program komputer yang dikembangkan untuk membuat berbagai media visual digital. Seperti: ilustrasi, banner, poster, cover buku, dan media grafis lainnya. Dalam tulisan ini, admin akan menjelaskan langkah-langkah pembuatan cover buku seperti gambar menggunakan Corel Draw X7 adalah sebagai berikut.


1. Membuat dokumen baru  

Caranya: Jalankan program Corel Draw, lalu klik kombinasi tombol CTRL+N untuk membuat dokumen baru, kemudian pada jendela Create new document, (1) isi kolom Name dengan nama poster, (2) gunakan menu Size atau menu Width dan Height untuk menentukan ukuran dokumen, (3) gunakan menu Primary color mode untuk menentukan mode warna (pilih RGB untuk e-poster dan CMYK untuk poster cetak), (4) gunakan menu Rendering resolution untuk menentukan resolusi pixel, (5) klik tombol OK.

2. Membuat garis pemandu 

Caranya: drag mouse dari atas penggaris sampai ke posisi tertentu.

3. Memotong shape 

Caranya: (1) klik rectangle tool (F6), lalu drag di atas dokumen untuk membuat kotak persegi panjang, (2) kemudian klik Ellipse tool (F7), lalu drag di atas kotak untuk membuat bulatan melonjong ke samping, (3) kemudian klik Pick tool dan klik kotak persegi dan bulatan sambil menahan tombol Shift untuk menyeleksi keduanya, (4) klik ikon Trim untuk memotong persegi, lalu hapus objek bulatan, (5) klik kanan objek, lalu pilih Break Curve Apart untuk memisahkan potongan persegi, (6) kemudian pindahkan potongan persegi bagian atas dan bawah dokumen.

4. Membuat Teks 

Caranya: (1) klik text tool (F8), (2) kemudian klik di atas dokumen, dan ketik teks yang diinginkan, (3) kemudian gunakan daftar menu atas untuk mengatur jenis font dan ukurang teks.

5. Mewarnai Shape dan Teks 

Caranya: gunakan pick tool untuk mengklik teks/ shape, (2) lalu klik panel warna yang disamping untuk memberi warna dalam, klik kanan untuk memberikan warna garis luar (outline), dan (3) klik warna silang (X) untuk menghilangkan warna dalamnya, atau klik kanan untuk menghilangkan warna luarnya.

6. Memberikan warna gradasi

Caranya: (1) klik objek, (2) kemudian ikon ember tumpah. Selanjutnya, pada jendela Edit Fill, (3) klik Fountain fill, (4) lalu penanda warna yang di kiri, (5) lalu klik panah warna dan memilih warna, (6) kemudian klik penanda warna yang di kanan, lalu klik panah warna untuk memilih warna, (7) lalu drag mouse di atas pra tampil warna untuk mengatur rotasi warna, (8) klik menu kontras untuk mengatur kontras warna, (9) klik tombol OK.

7. Mengatur Posisi Objek dengan Allign 

Caranya: (1) buat dua buah lingkaran, lalu seleksi lingkaran kecil dan besar, (2) kemudian tampilkan menu Align & Distribute (Ctrl+Shift+A), lalu klik ikon Align center vertically dan Align center horizontally untuk menempatkan objek di tengah lingkaran besar.

 8. Membuat Garis dan Mewarnai dengan Smart Fill Tool 

Caranya: (1) Klik pen, (2) kemudian klik pada titik awal garis, lalu klik pada titik akhir garis, lalu putuskan garis dengan menekan tombol ESC pada keyboard, (3) klik Smart Fill Tool, lalu klik pada daerah yang ingin diwarnai.

 9. Menghapus garis-garis 

Caranya: klik bagian objek, kemudian klik kanan warna (X)

 10. Memperkecil ukuran shape

 Caranya: klik pick tool, lalu drag sudut objek ke dalam untuk memperkecilnya, dan rapikan dengan cara menggeser objek.

 11. Memotong Objek 

Caranya: (1) klik Ellipse tool untuk membuat lingkaran, (2) kemudian klik lingkaran dan salah satu objek, lalu klik ikon Trim untuk memotong objek tersebut. Setelah selesai memotong semua objek, (4) hapus lingkaran.

 12. Mengimpor gambar 

Caranya: (1) klik ikon impor (Ctrl+I), (2) kemudian pilih file gambar dari folder komputer, (3) lalu klik tombol Impor, (4) kemudian drag mouse untuk menempatkan gambar yang diimpor pada dokumen.

 13. Memindahkan objek ke belakang 

Caranya: klik kanan objek, kemudian pilih menu Order, lalu pilih menu To Back of Layer.

 14. Memasukkan gambar ke dalam shape (PowerClip) 

Caranya: (1) klik kanan gambar, lalu pilih PowerClip Inside, (2) kemudian klik shape target. Selanjutnya, cara mengatur letak gambar di dalam shape adalah: klik kanan shape, (3) lalu klik Edit PowerClip, kemudian atur ukuran dan letak gambar di dalam Power Clip,dan setelah selesai, klik kanan Gambar, lalu klik menu Finish editing this level.

15. Memotong Latar Gambar Agar Menjadi Transparan 

Caranya: (1) Klik “pen tool”, (2) kemudian buat garis mengikuti bentuk gambar (klik untuk membuat garis lurus, drag untuk membuat lengkungan, klik titik sambil menahan tombol Alt untuk mematikan efek lengkungan, dan klik CTRL+Z jika ada kesalahan). Setelah selesai membuat garis sampai ke titik awal, (3) klik garis dan klik objek gambar sambil menahan tombol shift untuk menyeleksi keduanya, (4) kemudian klik ikon Intersect untuk memotong gambar, lalu hapus latar gambar dan garis.

 16. Mengelompokkan objek (Grouping) 

Caranya: seleksi beberapa objek yang melingkar, lalu klik kanan di atas objek yang terseleksi, lalu klik menu Group objects (Ctrl+G)

 17. Mengubah forrmat objek menjadi gambar bitmap 

Caranya: klik objek-objek yang akan dikonversi (misalnya: objek ilustrasi cover), kemudian klik tab Bitmap, (1) lalu klik Convert to Bitmap, (2) kemudian pada jendela baru, klik OK .

18. Membuat Efek Transparan 

Caranya: (1) klik Transparency tool, (2) kemudian klik atau drag objek yang ingin dibuat transparan, (3) kemudian atur tingkat transparansinya pada menu indikator.

 19. Memutar Objek/ Teks 

Caranya: Klik pick tool, lalu klik objek teks, kemudian klik objek sekali lagi, lalu drag bagian ujung objek untuk memutarnya.

 20. Memanipulasi warna gambar 

Caranya: klik objek gambar kemudian klik tab Effect, lalu pilih menu Adjust, lalu pilih menu-menu yang tersedia. Misalnya: (1) klik menu Tone curve, lalu drag garis diagonal sehingga melengkung ke atas untuk mencerahkan atau drag ke bawah untuk menggelapkan warna. (2) klik menu Hue/ Saturation/ Lightness, lalu tambahkan poin Saturation untuk memperkuat warna dan poin Lightness untuk memperterang warna, (3) klik menu Replace Color, kemduian klik panah warna Old Color untuk menentukan warna yang akan diubah, lalu klik panah penu New untuk memilih warna target perubahan, kemudian atur menu Range untuk membatasi cakupan warna yang akan dirubah.

 21. Mengekspor file 

Caranya: (1) klik ikon ekspor (Ctrl+E), (2) kemudian tentukan folder penyimpanan, (3) lalu tentukan nama file, (4) kemudian tentukan jenis file, (5) lalu klik kotak Do not show filter dialog untuk menyembunyikan jendela filter, dan (6) klik tombol Export. Contoh hasil akhirnya adalah seperti gambar berikut.
Selamat mencoba...
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Lebih baru Lebih lama