Cara Membuat Mind Map (Peta Pikiran) dengan iMind Map 10


Mind Map atau mid mapping adalah salah satu jenis media visual organisasional yang dapat menggambarkan hubungan kualitatif diantara beberapa gagasan. Pencatatan informasi dalam format mind map akan memudahkan seseorang dalam menyimpan informasi di dalam otak dan saat mengeluarkan informasi tersebut keluar otak (Wibowo 2012). 
Menurut Buzan, tujuan utama mind map adalah: 
  1. Memperkenalkan konsep baru dengan peta pikiran yang cemerlang, 
  2. Meningkatkan kinerja otak dalam memahami berbagai macam infomasi, 
  3. Memberi kebebasan intelektual yang besar dengan menunjukkan bahwa setiap orang dapat mengontrol sifat dan perkembangan proses berpikirnya, 
  4. Meningkatkan kemampuan intelektual manusia melalui pengalaman memikirkan jaringan, dan 
  5. Membangkitkan rasa ingin tahu orang terhadap saat menjalani alam semesta (Buzan and Buzan 2002). 
Tampilan mind map umumnya memiliki persamaan, yaitu menggunakan warna, memiliki struktur alami yang memancar dari pusat ide, menggunakan garis lengkung, simbol, kata, dan gambar yang sesuai dengan rangkaian aturan yang sederhana, mendasar, dan kerja otak, serta percabangannya sesuai dengan perkembangan pemahaman manusia (Wibowo 2012).
Salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat mind map adalah iMind Map 10. Software iMind Map 10 dapat diunduh melalui link berikut ini. Adapun cara membuat Mind Map (peta pikiran) dengan program iMind Map 10 dapat dipelajari melalui video di atas.

Kata kunci: Mind map, peta pikiran, mindmap
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama