Standar Infografis Yang Berkualitas Baik

Video ini menjelaskan tentang standar infografis dan kriteria elemen-elemen infografis yang berkualitas baik. Infografis berasal dari bahasa inggris, yaitu information graphics yang disingkat dengan infographics. Infografis adalah media visual yang menggambarkan informasi sehingga dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.
Penggunaan infografis telah berkembang pesat karena ia mampu mengkombinasikan antara informasi dari ranah berita ke dalam bentuk visual yang dicetak atau dipublikasikan dalam jaringan internet. Keberhasilan para desainer dalam menggabungkan unsur teks dan foto di dalam infografis telah membuatnya menjadi alat komunikasi yang menarik, mudah dipahami, dan menghibur. Selain itu, pesan yang disampaikan melalui infografis juga lebih mudah diingat oleh masyarakat dibandingkan dengan informasi yang hanya mengandung elemen teks saja (Tim Penulis Kominfo 2018). 
Infografis sebagai media pembelajaran dapat digunakan untuk menyampaikan poin-poin penting dari materi pelajaran, ringkasan petunjuk dalam materi pelajaran, dan informasi penting lainnya. Kriteria-kriteria infografis yang berkualitas baik adalah sebagai berikut.
  1. Berorientasi pada tujuan infografis. Misalnya: memberikan informasi, sosialisasi panduan, menghibur, dan memberikan informasi teraktual.
  2. Berdasarkan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, akurat, dan mencantumkan tanggal produksi sebagai referensi aktualitas.
  3. Relevan dengan kebutuhan pembaca. Misalnya: aktual, uptodate, dan menarik.
  4. Struktur visual yang harmonis dan menarik.
  5. Dapat terbaca dengan baik (Readability).
  6. Terdapat unsur persuasi (ajakan).
  7. Lugas (Simplicity).
  8. Konsistensi dengan brand guideline.
  9. Mudah dibagikan (Shareability) pada media sasaran (Tim Penulis Kominfo 2018).
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama