Pilihan Aplikasi Editing Video dan Tutorialnya

1. Video Pembelajaran

Video merupakan salah satu media yang praktis dan mudah digunakan untuk menyampaikan informasi melalui gambar bergerak dan suara secara bersamaan. Perkembangan teknologi saat ini juga telah memudahkan guru dan orang lain untuk merancang video sendiri dan menggunakannya untuk mendukung proses pembelajaran. 

Video pembelajaran adalah video yang dirancang atau dimanfaatkan sebagai media ataupun sumber belajar. Video Misalnya: video penyajian materi pelajaran dengan alat peraga tertentu, video simulasi suatu alat, video peristiwa yang berkaitan dengan materi pelajaran, video lagu yang mengandung materi pelajaran, video yang menunjukkan suatu keterampilan, dan film yang mengandung materi pelajaran.

Manfaat video pembelajaran antara lain untuk memperjelas materi pelajaran, menarik perhatian siswa, memperjelas perubahan gerakan yang terlalu cepat atau terlalu lambat, memudahkan siswa mempelajari peristiwa yang sulit dijangkau, dan meningkatkan afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa.

Kualitas video pembelajaran dapat ditentukan dari aspek tampilannya, suaranya dan isinya
  • Tampilan video yang baik adalah harus terbaca dengan baik, mudah dipahami, dan memiliki daya tarik. 
  • Audio video yang baik harus terdengar dengan jelas, bebas dari suara pengganggu, menerapkan teknik komunikasi yang interaktif dan menghibur, memiliki daya tarik, dan mudah dipahami. 
  • Isi video yang baik harus memiliki materi yang disampaikan secara kontekstual, runtut, ringkas, dan bebas dari konten negatif.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dipahami bahwa Selain memiliki kualitas gambar dan suara yang bagus, rancangan video pembelajaran juga harus memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, dan prinsip-prinsip perancangan media visual. Oleh karena itu, keterampilan teknologi saja tidak cukup untuk merancang sebuah video pembelajaran yang efektif.

2. Aplikasi Penyunting Video (Editing Video)

Salah satu aplikasi penyunting video yang mudah digunakan untuk memproduksi video adalah sebagai Filmora. Aplikasi ini telah berkembang pesat dengan sejumlah fitur-fitur baru. Namun, penggunaan aplikasi versi terbarunya tentu membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi versi lamanya. Aplikasi Filmora versi X dapat diunduh pada link ini (DOWNLOAD FILMORA X). Langkah-langkah menginstall dan mengaktivasi FIlmora dapat dibaca pada file ini (Baca cara instalasi dan aktivasi Filmora X) . Adapun video tutorial cara menggunakan fitur-fitur aplikasi Filmora dapat ditonton pada video berikut.
Selain menggunakan aplikasi komputer, Anda juga dapat mengedit video menggunakan aplikasi Smartphone Android, seperti aplikasi Capcut dan Kine Master. Anda dapat membaca cara menggunakan aplikasi Capcut di sini, dan cara menggunakan aplikasi Kine Master di sini.
    

3. Aplikasi Perekam Layar Komputer (Screen Recorder)

Aplikasi Microsoft Powerpoint versi 2013 atau versi yang lebih tinggi sebenarnya telah memiliki fitur “Screen recoring” pada tab Insert yang dapat digunakan untuk membuat video tutorial dengan tampilan rekaman layar komputer dan suara pengajar. Bagi Bapak /Ibu yang masih menggunakan aplikasi PowerPoint versi lama dapat merekam layar komputernya dengan menggunakan aplikasi Format Factory. Aplikasi Format Factory dapat diunduh pada link ini (DOWNLOAD FORMAT FACTORY). Cara menggunakan aplikasi Format Factory dapat disaksikan pada video berikut.

Selain di komputer, Bapak/ Ibu juga dapat merekam layar Smartphone dengan aplikasi perekam layar Smartphone. Contoh aplikasi perekam layar yang dapat diunduh secara gratis di Play Store adalah: ADV Screen Recorder (DOWNLOAD ADV SCREEN RECORDER). Tutorial cara menggunakannya dapat dilihat pada video berikut.

Terima kasih

Semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.


Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

2 Komentar

  1. Tutorial yang sangat lengkap, terima kasih kak atas ilmu yang dibagi. Yuk mampir ke website kampus kami https://walisongo.ac.id/

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama