Tutorial Cara Berbagi File dan Folder dengan Google Drive


Google Drive adalah salah satu situs web yang dapat menyimpan berbagai jenis berkas digital secara daring (online). Keuntungan dari menggunakan Google drive adalah: (1) tampilannya ringkas sehingga mudah dimengerti, (2) file-file yang telah tersimpan di Google Drive dapat diakses dengan berbagai jenis perangkat yang terhubung dengan jaringan internet, seperti laptop, tablet, dan smartphone, dan (3) File yang terseimpan di Google Drive dapat diakses melalui Gmail, Google Classroom, dan Google Dokumen.
Cara membuka halaman Google Drive adalah: masuk ke akun Google, lalu klik menu Google, dan pilih Drive. Contoh tampilan halaman Google Drive adalah sebagai berikut.
Sesuai dengan petunjuk gambar di atas, cara mengunggah file atau folder ke dalam Google Drive adalah: (1) klik tombol Baru/ New, maka akan tampil beberapa menu pilihan, yaitu: menu Folder untuk membuat folder, menu Upload file untuk mengunggah file dari perangkat komputer, menu Upload folder untuk mengunggah folder komputer beserta isinya, dan menu Google Dokumen untuk membuat jenis dokumen tertentu. Setelah Anda memilih file/ folder yang akan diunggah dari komputer, maka akan tampil (2) jendela informasi yang menunjukkan kemauan proses upload file/folder. 
Pada bagian kiri Google Drive, (3) terdapat beberapa menu utama, yaitu: menu “Drive Saya” berfungsi untuk menampilkan daftar file dan folder yang telah tersimpan di Google Drive, menu “Dibagikan kepada saya” berfungsi untuk menampilkan daftar file yang dibagikan oleh orang lain ke akun email yang dimiliki, menu Terbaru berfungsi untuk menampilkan file yang terakhir ditambahkan/ diperbaharui pada Google Drive, menu Berbintang untuk melihat file yang diberikan tanda bintang, menu Sampah untuk melihat file/folder yang telah dihapus atau dipindah ke tempat sampah. 
Cara mengelola file di halaman Google Drive sebenarnya hampir sama dengan cara mengelola file di jendela komputer, (4) Anda dapat membuka langsung file dokumen atau file gambar dan video dengan cara mengklik file tersebut. Disamping itu, (5) Anda juga dapat mengklik kanan kanan sebuah file untuk menampilkan menu pengaturannya, seperti: 
  • Menu Pratinjau untuk membuka file dengan software browser atau software Google
  • Menu Buka dengan untuk membuka file dengan software lain yang bekerjasama dengan Google Drive
  • Menu Bagikan untuk membagikan file dengan orang lain yang memiliki email Google
  • Menu Dapatkan link yang bisa dibagikan untuk menyalin link/URL file sehingga URL tersebut dapat dibagikan ke orang lain
  • Menu Pindahkan ke untuk memindahkan file ke folder tertentu
  • Menu Ganti nama untuk mengubah nama file
  • Menu Lihat detail untuk melihat rincian mengenai file, seperti pemiliknya, tanggal dibuatnya, dan ukuran filenya
  • Menu Buat salinan untuk menduplikasi file
  • Menu Download untuk mengunduh file
  • Menu Hapus untuk menghapus file.
Terdapat dua cara membagikan file melalui Google Drive, yaitu melalui email dan melalui link. Cara membagikan file Google Drive melalui email adalah: klik kanan file yang akan dibagikan, lalu klik menu bagikan, kemudian pada jendela “Bagikan kepada orang lain dan grup”, isi kolom (6) “Tambahkan orang dan grup” dengan alamat email tujuan, lalu tentukan peran orang yang diberikan hak akses apakah sebagai pengakses (hanya dapat melihat mengunduh file), pemberi komentar (dapat mengunduh dan mengomentari file), atau Editor (dapat mengubah isi file dan membagikannya kepada orang lain).  Setelah itu, klik tombol selesai.
Cara membagikan file Google Drive melalui link adalah: klik kanan file, lalu klik menu Bagikan, kemudian pada jendela Dapatkan link, klik menu (7) “Dibatasi”, lalu pilih menu “siapa saja yang memiliki link”  agar siapapun yang memiliki link tersebut dapat mengakses file yang dibagikan, kemudian klik tombol “Salin link” untuk mengcopy link, dan klik tombol Selesai.
Hamdan Husein Batubara

Insan cendikia yang senang belajar, berdiskusi, dan berbagi ilmu pengetahuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama